Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah organik oleh Bank Sampah Panata Bumi di Desa Banjarharjo Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes

Nuzulusalis, Izul Fitriyani (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah organik oleh Bank Sampah Panata Bumi di Desa Banjarharjo Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701046001_Izul_Fitriyani_Nuzulusalis] Text (Skripsi_1701046001_Izul_Fitriyani_Nuzulusalis)
Skripsi_1701046001_Izul_Fitriyani_Nuzulusalis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sampah merupakan material sisa yang ketersediannya semakin hari semakin melimpah. Sesuatu yang berkaitan dengan permasalahan sampah menjadi perhatian khusus bagi setiap pihak, hal tersebut disebabkan karena sampah memiliki hubungan langsung dengan keadaan lingkungan masyarakat. Penelitian ini fokus pada dua permasalahan: bagaimana proses pengelolaan sampah organik oleh bank sampah dan bagaimana hasil pengelolaan sampah organik di bank sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah organik melalui kegiatan program bank sampah Panata Bumi Desa Banjarharjo kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes dan hasil dari pengelolaan sampah organik oleh bank sampah Panata Bumi. Penelitian ini menggunakkan metode penelitian kualitatif deskripstif, dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Setelah data terkumpul peneliti menggunakan teknik analisa seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ;pertama, proses pemberdayaaan masyarakat yang dilakukan oleh Bank sampah Panata BumiDesa Banjarharjo kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes melalui tiga tahap, yaitu ( 1 ) tahap penyadaran dan tahap pembentukan perilaku yaitu menyadarkan masyarakat melalui sosialisasi program yang diadakan bank sampah ( 2 ) tahap transformasi pengetahuan yaitu masyarakat mulai melaksanakan program dari bank sampah ( 3 ) tahap peningkatan kemampuan intelektual yaitu masyarakat sudah mengetahui cara memilah sampah yang baik dan benar. Kedua, hasil pengelolaan sampah organik yang dilakukan oleh bank sampah Panata Bumi Desa Banjarharjo kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes melalui tiga hasil pemberdayaan, yaitu berpartisipasi dalam proses pembangunan yaitu keikut sertaan warga dalam pelaksanaan program bank sampah, memiliki kesadaran dalam pengetahuan, yaitu masyarakat merasa kegiatan program bank sampah mampu meningkatkan wawasan pengetahuan dan memberikan kebebasan berpendapat dalam sosialisasinya, menjangkau sumber, masyarakat merasakan adanya manfaat dari program bank sampah seperti lingkungan menjadi bersih dan meningkatkan perekonomian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pengelolaan Sampah; Sampah organik
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Nov 2023 05:41
Last Modified: 11 Nov 2023 05:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics