Pengaruh pengembangan wisata edukasi terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal

Prastio, Agung (2022) Pengaruh pengembangan wisata edukasi terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901046003_Agung_Prastio] Text (Skripsi_1901046003_Agung_Prastio)
Skripsi_1901046003_Agung_Prastio.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Melihat banyaknya potensi yang dimiliki Indonesia saat ini tentunya menjadi salah satu peluang besar di kemudian hari apabila bisa dikelolah dengan baik, salah satunya dalam menciptakan kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat. Upaya tersebut tentunya memerlukan kajian teoritik, perangkat operasional dan konseptual yang dapat di implementasikan terutama dengan Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah dan potensial untuk dikembangkan dalam banyak hal. Sehingga dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat bisa dilakukan salah satunya mengembangkan konsep wisata edukasi. Pengembangan wisata edukasi ini diharapkan akan memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengembangan wisata edukasi terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang bersifat cross section yang disebar kepada responden dari masyarakat Desa Gondang yang terlibat secara langsung ataupun tidak langsung di dalam pengembangan wisata edukasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan uji regrsi linear sederhana melalui SPSS 25.0.
Hasil penelitian bahwa nilai signifikansi dari pengaruh pengembangan wisata edukasi terhadap kesejahteraan masyarakat sebesar yaitu 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan wisata edukasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya nilai R Square pada uji koefisien determinasi menunjukan diperoleh nilai sebesar 0.331 artinya pengembangan wisata edukasi memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat sebesar 33,1% sedangkan sisanya sebesar 66,9% dipengaruhi variabel lainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata edukasi; Kesejahteraan masyarakat; Wisatawan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2023 09:31
Last Modified: 13 Nov 2023 09:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics