Analisis penerapan prinsip-prinsip good village governance terhadap pengelolaan alokasi dana desa : studi pada Desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang

Qotrun Nada, Windi (2022) Analisis penerapan prinsip-prinsip good village governance terhadap pengelolaan alokasi dana desa : studi pada Desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901046068_Windi_Qotrun_Nada] Text (Skripsi_1901046068_Windi_Qotrun_Nada)
Skripsi_1901046068_Windi_Qotrun_Nada.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang desa menjadi peluang bagi desa untuk berkembang dan mandiri. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Pasal 19 menerangkan bahwa tujuan dana desa untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Pengelolaan dana desa dapat tepat sasaran dan berjalan dengan baik dibutuhkan suatu tata kelola pemerintahan yang handal dan cakap. Prinsip-prinsip good governance yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa perlu diterapkan dalam pengelolaan dana desa. Diterapkannya prinsip good governance, dana desa dapat dikelola dengan baik dan mampu mensejahterakan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana alur pengelolaan alokasi dana desa di desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang, bagaimana penerapan prinsip good governance dalam pengelolaaan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat, serta bagaimana dampak penerapan prinsip good governance dalam pengelolaan dana desa di desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Alur pengelolaan dana desa di desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban telah sesuai dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014. 2) Proses pengelolaan dana desa di desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang telah menerapkan prinsip good governance yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas. 3) Dampak dari penerapan prinsip good governance di desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang yaitu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, pembangunan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kesejahterakan masyarakat, kinerja pemerintah berjalan dengan baik, serta adanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah desa karena dilibatkan dalam setiap proses pengelolaan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dana desa; Good governace
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:32
Last Modified: 14 Nov 2023 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22180

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics