Dampak program keluarga harapan (PKH) terhadap kesejahteraan masyarakat : studi di Desa Bojong Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal

Febriyani, Assya Alfah (2023) Dampak program keluarga harapan (PKH) terhadap kesejahteraan masyarakat : studi di Desa Bojong Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026101_Assya_Alfah_Febriyani] Text (Skripsi_1906026101_Assya_Alfah_Febriyani)
1906026101_Assya Alfah Febriyani_Full Skripsi - Assya Alfah Febriyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan yang terjadi di Indonesia merupakan penyebab utama terjadinya lonjakan jumlah masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Akibat dari kemiskinan dapat dilihat dari adanya penurunan kualitas kesejahteraan anak yang diikuti dengan penurunan kualitas kesejahteraan orang tua. Program keluarga harapan (PKH) merupakan satu program khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui kementerian sosial dalam rangka proses percepatan dalam penanggulangan dan pengentasan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari adanya PKH terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Bojong dan untuk mengetahui faktor pendorong pelaksanaan PKH di Desa Bojong.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari informan penelitian yaitu koordinator PKH, pendamping PKH, dan juga penerima manfaat PKH. Sedangkan data pendukung atau data sekunder bersumber dari buku, artikel jurnal, dan juga dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Bojong diantaranya 1) Peningkatan pendidikan masyarakat. 2) peningkatan aksesibilitas pelayanan kesehatan. 3) Peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat. 4) Merubah perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat. Adapun faktor pendorong pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Bojong 1) Peran pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). 2) Partisipasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 3) Komitmen antar pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Bojong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keluarga; PKH; Desa Bojong
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:45
Last Modified: 15 Nov 2023 01:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics