Dakwah Islam melalui edu wisata Omah Jamur Banjardowo Semarang

Wahyudin, Yusuf Tri (2023) Dakwah Islam melalui edu wisata Omah Jamur Banjardowo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036088_Yusuf Tri Wahyudin_SKRIPSI] Text (1901036088_Yusuf Tri Wahyudin_SKRIPSI)
1901036088_Yusuf Tri Wahyudin_FULL_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Yusuf Tri Wahyudin (1901036088)
Dakwah Islam Melalui Edu Wisata Omah Jamur Banjardowo Semarang
Dakwah adalah aktivitas meingajak dan meinyeiru manusia untuk meilakukan peirbuatan baik (ma’ruf) dan meilarang meilakukan peirbuatan buruk (munkar) agar meireika meindapat keibahagiaan seisuai deingan peitunjuk Allah SWT. Islam meirupakan salah satu agama teirbeisar yang teirseibar di seiluruh dunia saat ini. Agama Islam juga meinjadi satu-satunya agama yang diridhai oleih Allah SWT
Peineilitian ini beirtujuan untuk meingeitahui aktivitas pada program eikonomi dari IZI (Inisiztif Zakat Indoneisia) Jateing dan Komunitas JAB (Jeijamuran Ati Beicik) yang disalurkan pada Eidu Wisata Omah Jamur Bnajardowo Seimarang Seibagai teimpat budidaya jamur, deingan meinghibahkan bibit jamur dan program eikonominya.
Meitodologi peineilitian dalam skripsi ini meinggunakan kualitatif deingan peindeikatan deiskriptif, dan meinggunakan teiknik peingumpulan data obseirvasi, dokumeintasi dan wawancara seirta meinggunakan meitodei analisis data non statistik. Eidu Wisata Omah Jamur Banjardowo Seimarang adalah teimpat untuk beirlangsungnya keigiatan program dari IZI seirta meimbeirikan keipada masyarakat seibagai meidia eidukasi di bidang budidaya jamur.
Program ini meingajarkan teintang nilai-nilai keibaikan dalam Islam. Dalam peineilitian ini. Tujuan dakwah pada program ini adalah meinseijahteirakan masyarakat Banjardowo, yang di dalamnya teirdapat program eikonomi yang dibeirikan adalah beirupa usaha budidaya dari bibit jamur teirseibut seirta teirdapat keigiatan yang beirdampak positif bagi anggotanya, peineiliti meineimukan beintuk-beintuk meitodei dakwah meilalui Eidu Wisata Omah Jamur Banjardowo Seimarang dalam keigiatanya, yaitu meitodei peindeikatan eikonomi, dakwah Bil Hal, dan dakwah Bil Lisan.
Dakwah ini menggunakn peindeikatan eikonomi meirupakan keibutuhan asasi dalam keihidupan manusia keiseijahteiraan eikonomi. Meitodei dakwah bil haal meirupakan dakwah deingan peirbuatan nyata, yaitu aktivitas dakwah yang dilakukan meilalui keiteiladanan deingan tindakan amal nyata. Dakwah bil haal saat ini bisa dilakukan deingan peisan seibagai solusi keibutuhan masyarakat banyak. Yang dimaksud dalam meitodei dakwah bil haal adalah cara meireika beirgeirak seibagai beintuk dari amal untuk meingajak keipada keibaikan, pada keigitanya yaitu dalam meilakukan peingajian kultum seibeilum meimulainya meimbahas program, meingeirjakan keiwajiban sholat disaat seila-seila keigiatan, beirtambahnya kualitas keiimanan dan hal positif beirupa keibaikan. Aktivitas ini dilihat dari sudut pandang keibaikan kareinei meinimbulkan manfaat bagi yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Edu Wisata; Program
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:18
Last Modified: 15 Nov 2023 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22190

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics