Implementasi program Sapta Pesona pada daya tarik wisata Masjid Kapal Safinatun Najah Kota Semarang

Sholakhudin, Ahmad (2023) Implementasi program Sapta Pesona pada daya tarik wisata Masjid Kapal Safinatun Najah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036089_AHMAD_SHOLAKHUDIN_SKRIPSI] Text (1901036089_AHMAD_SHOLAKHUDIN_SKRIPSI)
1901036089_Ahmad Sholakhudin_Full_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Sholakhudin, dengan NIM 1901036089, telah menulis sebuah skripsi berjudul “Implementasi Program Sapta Pesona Pada Daya Tarik Wisata Masjid Kapal Safinatun Najah Kota Semarang”. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sapta pesona pada daya tarik wisata Masjid Kapal Safinatun Najah di Kota Semarang, serta membahas evaluasi implementasi program sapta pesona pada daya tarik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi dan evaluasi program Sapta Pesona pada daya tarik wisata Masjid Kapal Safinatun Najah di Kota Semarang.
Program Sapta Pesona adalah sebuah inisiatif yang mencakup konsep keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab seluruh masyarakat dalam melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di daerah tujuan wisata. Implementasi Sapta Pesona dianggap sebagai langkah penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan, sehingga diperlukan partisipasi aktif dari masyarakat yang meliputi berbagai pihak, seperti pengelola, pengunjung, pemerintah, dan penjual souvenir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program Sapta Pesona pada Masjid Kapal Safinatun Najah di Kota Semarang sesuai dengan inisiatif pemerintah dalam mempromosikan program Sapta Pesona sebagai acuan dalam pengembangan pariwisata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Sapta Pesona di Wisata Masjid Kapal Safinatun Najah Kota Semarang berjalan dengan baik. Meskipun demikian, data observasi dan wawancara menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek yang memerlukan perhatian khusus, terutama pada ketertiban dan kebersihan. Beberapa masalah yang ditemukan adalah kurangnya kesadaran pengunjung dalam membuang sampah pada tempatnya, antrean pengunjung, dan ketersediaan tempat parkir. Evaluasi implementasi Sapta Pesona di Masjid Kapal Safinatun Najah Kota Semarang menunjukkan kinerja yang belum optimal, terutama dalam hal ketertiban dan kebersihan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memaksimalkan penerapan program Sapta Pesona. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan adalah perubahan struktur organisasi, melakukan promosi, perbaikan infrastruktur, peningkatan nilai pendidikan, dan menetapkan standar operasional prosedur berdasarkan 7 elemen Sapta Pesona di Masjid Kapal Safinatun Najah Kota Semarang sehingga terwujud pengembangan destinasi wisata yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Sapta Pesona; Daya Tarik Wisata; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:33
Last Modified: 15 Nov 2023 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics