Nilai religius masyarakat sebagai penunjang Desa Wisata Jatirejo Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang

Ramadhani, Novia Ekin (2023) Nilai religius masyarakat sebagai penunjang Desa Wisata Jatirejo Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901036131_NOVIA_EKIN_RAMADHANI_SKRIPSI] Text (1901036131_NOVIA_EKIN_RAMADHANI_SKRIPSI)
Skripsi Lengkap Novia Ekin Ramadhani 1901036131 - Novia Ekin.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Desa Wisata Jatirejo merupakan desa wisata yang memiliki keindahan alam dan daya tarik wisatawan dan memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Salah satu bentuk pengembangan pariwisata yaitu, dengan mendorong desa-desa kecil yang memiliki kekayaan alam, budaya, sosial, dan kreativitas buatan untuk menjadi desa wisat. Salah satunya Desa Wisata Jatirejo yang berpotensi menjadi Desa Wisata. nilai religius yang dimiliki masyarakat Jatirejo ini bisa menjadi penunjang Desa Wisata Jatirejo, terutama dari aspek akhlak atau perilaku masyarakat Jatirejo yang memiliki nilai-nilai baik dalam kehidupannya, dan nilai religius yang dilakukan masyarakat Jatirejo dalam penunjangnya Desa Wisata Jatirejo adalah perlakuan baik kepada wisatawan dengan berperilaku, sopan, santun, ramah, dan menyapa wisatawan dengan sangat harmonis.
Tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui apa saja potensi yang ada di Desa Wisata Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. 2). Untuk mengetahui nilai religius masyarakat Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. 3). Untuk mengetahui penerapan nilai religius masyarakat dalam menunjang Desa Wisata Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi gambar. Penelitian ini menggunakan teori Miles dn Huberman didalam bukunya Sidiq dan Choiri, 2019. Agar terjaminnya keakuratan data, maka peneliti menggunakan aktivitas analisis data, berupa: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, nilai religius masyarakat ini bisa menjadi penunjang Desa Wisata Jatirejo darin aspek akhlak, dan dengan adanya atraksi yang dikemas dengan sikap karakter religius, bisa menjadikan Desa Wisata Jatirejo ini mempunyai keunikan dan berbeda dengan Desa Wisata lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Religius; Penunjang; Desa Wisata
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:59
Last Modified: 15 Nov 2023 04:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22193

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics