Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pasar wisata : studi pada Pasar Bahulak di Desa Karungan

Salamah, Mustika Nur (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pasar wisata : studi pada Pasar Bahulak di Desa Karungan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026127_Mustika_Nur_Salamah] Text (Skripsi_1906026127_Mustika_Nur_Salamah)
1906026127_Mustika Nur Salamah_Lengkap Tugas Akhir - Mustika Nur.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pasar Bahulak merupakan objek wisata di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh. Pasar wisata dibuka pada September 2020. Pendirian Pasar Bahulak dilatarbelakangi kondisi perekonomian masyarakat Desa Karungan. Tujuan pendirian pasar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi pengangguran. Karena itu, Pasar Bahulak berupaya mendorong masyarakat desa untuk bergabung dalam program pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Pasar Bahulak. Pasar Bahulak fokus mengembangkan sumber daya manusia melalui pemberdayaan seni dan budaya. Hal ini menarik untuk diteliti karena Pasar Bahulak mampu merangkul masyarakat desa untuk diberdayakan melalui berbagai program pengembangan pasar wisata. Apalagi di tengah image wisata di masyarakat sekitar yang identik dengan alam, sedangkan konsep pasar ini berbeda dengan trend tersebut. Tujuan penelitian adalah melihat upaya pemberdayaan masyarakat melalui Pasar Bahulak yang membantu mengatasi masalah ekonomi serta dampak yang diperoleh setelah dua tahun lebih berdiri.
Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, serta studi dokumen dan literatur terdahulu yang berkaitan dengan masalah penelitian. Pada proses pengumpulan data, peneliti dibantu oleh empat informan yang merupakan masyarakat di Desa Karungan. Tiga informan merupakan bagian dari masyarakat yang diberdayakan di Pasar Bahulak dan satu informan merupakan pejabat Pemerintahan Desa Karungan. Data yang berhasil dihimpun kemudian dianalisis dengan menggunakan teori pemberdayaan masyarakat milik Jim Ife.
Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat di Desa Karungan diberdayakan di Pasar Bahulak lewat program pengembangan pengetahuan dan keterampilan serta pemberian kesempatan. Pengelola, BUMDes Sinar Karungan Mandiri berupaya meningkatkan kemampuan lewat pelatihan, ekstrakurikuler serta forum belajar. Selain itu, mereka juga dilibatkan secara aktif dalam pengelolaan pasar. Hal ini diwujudkan lewat kemudahan akses masyarakat berpartisipasi dalam forum rapat atau musyawarah. Pemberdayaan masyarakat melalui Pasar Bahulak membawa dampak bagi Desa Karungan dan Masyarakat di bidang ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan asyarakat; pasar wisata; Pasar Bahulak
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:11
Last Modified: 16 Nov 2023 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22198

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics