Pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah kecik : studi di Desa Karang Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen

Anasari, Feby (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah kecik : studi di Desa Karang Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026136_Feby_Anasari] Text (Skripsi_1906026136_Feby_Anasari)
1906026136_FEBY ANASARI_Lengkap Tugas Akhir - Feby Anasari UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya memberikan fasilitas, kesempatan, informasi, dan keterampilan agar masyarakat menjadi mandiri dan bermanfaat bagi lingkungan. Bank Sampah Kecik merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Karang. Terbentuknya Bank Sampah Kecik berawal dari adanya keprihatinan warga Desa Karang terhadap lingkungan, khususnya terkait banyaknya sampah yang dibuang sembarangan serta perlakuan yang tidak tepat dalam mengolah sampah. Setelah adanya Bank Sampah Kecik warga Desa Karang dapat menjadikan sampah sebagai benda berharga dan dapat diuangkan, selain itu juga memberikan pemahaman kepada warga untuk dapat memilah antara sampah organik dan anorganik, para warga juga diberikan fasilitas pelatihan kreativitas agar sampah-sampah memiliki nilai jual lebih tinggi. Bank Sampah Kecik menyuguhkan program yang menjadi langkah alternative masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sampah, yaitu terdapat program nabung sampah, warung hidup, pelatiha kreatifitas, serta kegiatan komposting dan budidaya maggot.
Pada penelitian kali ini, penulis akan meneliti mengenai pemberdayaan yang dilakukan oleh Bank Sampah Keik. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah deskriptif dengan fokus penelitian pada program yang dibentuk, pelaksanaan program, dan dampak program yang dibentuk dalam memberdayakan masyarakat Desa Karang. Penelitian ini dilakukan di Desa Karang, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen dengan sumber data primer yaitu administrasi bank sampah, ketua bank sampah, pengurus, dan nasabah bank sampah. Sementara informasi sekunder didapatkan dari buku dan jurnal penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi partisipatoris, wawancara mendalam, dokumentasi. Pada analisa dan pembahasan teori yang relevan dengan penelitian seperti, program yang dibentuk Bank Sampah Kecik dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, penerapannya kepada masyarakat, hingga dampak bagi masyarakat Desa Karang.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program Bank Sampah Kercik ini di antaranya ialah dengan nabung sampah yakni menjadikan salah satu media untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pada tataran level paling rendah, warung hidup yakni pembuatan demplot sebagai metode penyuluhan pertanian kepada warga Desa Karang dengan membuat contoh sistem pertanian dalam lahan terbatas, pelatihan kreativitas guna memberdayakan sumber daya yang ada di lingkungan bank sampah, seta kegiatan komposting dan budidaya maggot sebagai bentuk upaya pengelolaan sampah organik. Pelaksanaan Bank Sampah Kecik dilakukan dengan beberapa mekanisme kerja, diantaranya penyetoran, pemilahan, penimbangan, dan pencatatan pada masing-masing program memliki alur pelaksanaan sendiri sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Dampak dari program-program yang berjalan telah membawa manfaat bagi masyarakat terutama dibidang ekonomi karena masyarakat memanfaatkan sampah menjadi lebih bernilai, dampak bidang social yaitu membangun sikap gotong royong, dan dampak bidang lingkungan yaitu dengan masyarakat yang semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan. Dampak tersebut selalu di upayakan untuk ditingkatkan agar dapat mengoptimalkan dan meningkatkan kekuragan. Bank Sampah Kecik berusaha selalu melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Karang dengan memanfaatkan sumber daya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; bank sampah kecik; Desa Karang
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Nov 2023 02:57
Last Modified: 18 Nov 2023 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics