Interaksi sosial dalam virtual event pada Tagar #JeketiSelcaDay : studi netnografi cyber fandom fans JKT48 di Twitter

Khairunnisa, Raissa Maulidya (2023) Interaksi sosial dalam virtual event pada Tagar #JeketiSelcaDay : studi netnografi cyber fandom fans JKT48 di Twitter. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026137_Raissa_Maulidya_Khairunnisa] Text (Skripsi_1906026137_Raissa_Maulidya_Khairunnisa)
1906026137_Raissa Maulidya Khairunnisa_Lengkap Tugas Akhir - Raissa Maulidya Khairunnisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam era digital modern, penggunaan media sosial dapat memudahkan akses melalui handphone sehingga setiap individu dapat melakukan interaksi serta berkomunikasi lebih mudah dan praktis secara virtual. Dengan adanya kelebihan komunikasi dan penyebaran informasi yang cepat di media sosial kemudian digunakan oleh Fans JKT48 untuk saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi virtual tersebut terjadi di twitter dalam kegiatan Jeketi Selca Day pada tagar #JeketiSelcaDay yang merupakan suatu kegiatan para Fans JKT48 setiap tanggal 17 setiap bulan dengan mengunggah foto diri sendiri yang disandingkan bersama foto idolanya di JKT48. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi Fans JKT48 mengikuti Jeketi Selca Day serta mengetahui bentuk partisipasi interaksi virtual di twitter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan netnografi. Data lapangan diperoleh melalui observasi partisipatif online dan wawancara online dengan menggunakan pesan chat atau direct message melalui twitter.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, tindakan rasional instrumental menunjukkan adanya keinginan untuk dikenal fans JKT48 yang memiliki nama besar dalam fandom, mendapatkan relasi baru, meramaikan dan menaikkan tagar, meningkatkan eksistensi fandom Fans JKT48 kepada masyarakat umum, menambah followers pada akun twitter pribadi, menaikkan engagement akun twitter, keinginan untuk dikenal oleh member JKT48 dan ingin menjadi pusat atensi di media sosial twitter. Dalam tindakan afektif menunjukkan bahwa adanya loyalisme yang ingin ditunjukkan kepada idola di JKT48, perasaan senang yang dirasakan saat di notice oleh idola, dan adanya rasa sayang kepada idolanya. Selain itu, bentuk interaksi yang terjadi diantara fans JKT48 yang berpartisipasi kegiatan virtual Jeketi Selca Day yaitu asosiatif, dimana bentuk interaksi berupa komentar positif yang cenderung untuk saling menyapa sesama fans JKT48, mengajak berkenalan, dan juga untuk memuji kepada partisipan Jeketi Selca Day.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fans JKT48; interaksi sosial; Twitter; selca day
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Nov 2023 03:34
Last Modified: 18 Nov 2023 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22212

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics