Media sosial sebagai ruang promosi pariwisata : studi pada akun Instagram @pikaco_wangkelang

Azkiya, Aisyii Maulida (2023) Media sosial sebagai ruang promosi pariwisata : studi pada akun Instagram @pikaco_wangkelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026144_Aisyii_Maulida_Azkiya] Text (Skripsi_1906026144_Aisyii_Maulida_Azkiya)
1906026144_AISYII MAULIDA AZKIYA_FULL SKRIPSI - Aisyii Maulida Azkiya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan media sosial menjadi wadah eksplorasi kemampuan diri melalui karya-karya kreatif dan menunjukkan eksistensi diri. Instagram sebagai salah satu media sosial dapat dimanfaatkan dengan bijak untuk menggali potensi dan sumber informasi. Selain itu, Instagram dapat pula digunakan sebagai wadah kegiatan promosi termasuk promosi pariwisata. Media sosial Instagram memiliki peranan penting dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke tempat wisata. Pada penelitian ini, peneliti melihat media sosial sebagai ruang promosi pariwisata dengan studi pada akun isntagram @pikaco_wangkelang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian media dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan netnografi. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan pada pengelola wisata Pikaco Wangkelang, admin Instagram @pikaco_wangkelang, pengunjung sekaligus follower, dan masyarakat sekitar Pikaco Wangkelang. Penelitian ini menggunakan teori Komodifikasi Mike Featherstone untuk menganalisa data mengenai bentuk konten promosi yang diunggah dalam media sosial @pikaco_wangkelang. Penelitian ini mengkaji bagaimana bentuk promosi yang dilakukan oleh akun Instagram @pikaco_wangkelang serta bagaimana dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang terjadi di masyarakat dari adanya promosi pariwisata yang dilakukan oleh akun Instagram @pikaco_wangkelang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa konten yang diunggah dalam media sosial @pikaco_wangkelang merupakan bentuk promosi pariwisata dengan strategi meningkatkan engagement dengan konsumen. Konten yang diunggah di Instagram @pikaco_wangkelang telah melalui proses editing terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas unggahan sebagai bentuk komodifikasi konten. Penggunaan caption dan hashtag juga menjadi salah satu strategi yang dilakukan oleh akun @pikaco_wangkelang dalam upaya promosi pariwisata. Konten yang dibuat telah terlebih dahulu melalui perencaan identifikasi target konsumen untuk mengetahui konten seperti apa yang efektif untuk dibuat. Dampak dari adanya promosi melalui akun @pikaco_wangkelang berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang membawa dampak sosial bagi masyarakat sekitar berupa adanya perubahan struktur sosial dan modernisasi. Dampak ekonomi berupa penyerapan tenaga kerja, meningkatnya permintaan akan produk pertanian lokal, dan efek berganda. Dampak lingkungan berupa dampak fisik yaitu pembangunan bronjong dan talud, memacu pengembangan lokasi atau lahan yang kurang produktif, dan pengelolaan sampah dan limbah produksi pariwisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media sosial; promosi; pariwisata
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Nov 2023 04:26
Last Modified: 18 Nov 2023 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22219

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics