Bimbingan karir untuk pengembangan vovational skill pada anak jalanan di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri Semarang

Zakina, Maharani Melby (2023) Bimbingan karir untuk pengembangan vovational skill pada anak jalanan di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901016122_Maharani Melby Zakina_Lengkap] Text (Skripsi_1901016122_Maharani Melby Zakina_Lengkap)
Skripsi_1901016122_Maharani Melby Zakina_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan karir untuk pengembangan vocational skill merupakan elemem yang sangat penting untuk mendukung anak jalanan berkarir kedepannya, masalah yang dialamai anak jalanan yaitu kurangnnya kepercayaan diri, tidak yakin akan kemampuannya dan menganggap bahwa dirinya tidak bisa bekerja dengan layak dan tidak bisa menjadi lebih baik. Namun tidak hanya itu, anak jalanan juga merasakan dipandangan sebelah mata oleh masyarakat sekitar yang membuat mereka merasa tidak pantas lagi hidup di lingkungan masyarakat pada umumnya, karena itu di perlukan bimbingan karir untuk pengembangan vocational skill agar membuat anak jalanan mampu mengembangkan potensinya serta bisa memilih karir dan menjadi lebih baik untuk kedepannya.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan karir di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri Semarang. Partisipan penelitian terdiri dari anak jalanan, pembimbing bimbingan karir dan para staf yang terlibat dalam panti pelayanan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, kegiatan bimbingan karir di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri Semarang menerapkan 2 Bentuk bimbingan karir yang terdiri dari diskusi kelompok dan unit pengajaran. Materi yang diberikan oleh pembimbing kepada anak jalanan sesuai dengan identifikasi masalah anak jalanan itu sendiri. Pelaksanaan, bimbingan karir menggunakan beberapa tahapan pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan bimbingan karir sudah bisa melmbantu anak jalanan dalam pelmahaman dirinya dan lingkungannya, dalam pelngambilan kelputusan, pelrelncanaan dan pelngarahan kelgiatan-kelgiatan yang melnuju kelpada karir. Evaluasi, analisis hasil evaluasi, pada anak jalanan yang awalnya melmiliki masalah melnjadi lelbih baik dan mampu untuk melngatasi hambatan dan melrasa lelbih siap untuk melncapai tujuan melrelka, tindak lanjut, delngan mellakukan tindak lanjut yang telpat telrhadap bimbingan karir bagi anak jalanan sudah bisa melmbantu anak jalanan untuk melncapai tujuan melrelka dalam bidang karir. program bimbingan karir yang telah dilakukan memiliki dampak positif yang signifikan dalam mengembangkan vocational skill anak jalanan. Anak-anak yang mengikuti program bimbingan karir menunjukan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan selain itu, mereka juga memiliki persepsi yang lebih positif tentang peluang kerja dan masa depan mereka. Oleh karena itu, bimbingan karir untuk pengembangan vocational skill pada anak jalanan di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri Semarang memiliki peran penting dalam memberikan arah dan dukungan kepada anak jalanan untuk mengembangkan vocational skill dan menetapkan karir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir; Vocational skill; Anak jalanan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Nov 2023 03:57
Last Modified: 18 Nov 2023 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics