Studi pemikiran dr. Aisah Dahlan tentang parenting dalam buku Maukah Jadi Orang Tua Bahagia : relevansi bimbingan konseling keluarga Islam

Risyda, Yenny Hizbadini (2023) Studi pemikiran dr. Aisah Dahlan tentang parenting dalam buku Maukah Jadi Orang Tua Bahagia : relevansi bimbingan konseling keluarga Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901016116_Yenny Hizbadini Risyda_Lengkap] Text (Skripsi_1901016116_Yenny Hizbadini Risyda_Lengkap)
Skripsi_1901016116_Yenny Hizbadini Risyda_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Parenting merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak, termasuk cara penerapan aturan, mengajarkan nilai-nilai norma, memberikan perhatian dan kasih sayang dan menunjukkan sikap dan perilaku baik sehingga orang tua dapat menjadi panutan bagi anaknya. Orang tua diberikan amanah oleh Allah SWT agar senantiasa menjaga dan mendidik anak-anaknya dengan memberikan pola asuh yang baik sesuai landasan Al-Qur’an dan hadits dengan tujuan agar setelah dewasa anak mampu berdiri sendiri sebagai manusia yang bertanggung jawab dan menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas, memiliki norma yang sesuai dengan ajaran Islam. Rumusan masalah: 1) Bagaimana pemikiran dr. Aisah Dahlan tentang Parenting dalam buku Maukah Jadi Orang Tua Bahagia. 2) Bagaimana relevansi pemikiran dr. Aisah Dahlan tentang Parenting dalam buku Maukah Jadi Orang Tua Bahagia dengan bimbingan konseling keluarga Islam.
Jenis dan pendekatan penelitian kualitatif melalui kajian pustaka (Library Research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif/konten isi (Content Analysis), menggunakan data-data sumber tertulis baik buku dari tangan pertama maupun jurnal-jurnal yang memiliki keterkaitan dengan Parenting dr. Aisah Dahlan dalam buku Maukah Jadi Orang Tua Bahagia, serta mengenai bimbingan konseling keluarga Islam.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, buku dr. Aisah Dahlan yang berjudul Maukah Jadi Orang Tua Bahagia mengenai parenting dibahas menggunakan ilmu kesehatan, psikologi dan keislaman yang berisi 34 bab cara parenting, namun penulis hanya menggunakan beberapa bab saja yang dikategorikan sesuai dengan metode parenting. pertama, pemikiran parenting yang dipaparkan oleh dr. Aisah Dahlan menjelaskan, untuk mewujudkan generasi penerus berakhlak mulia maka orang tua perlu memiliki pengetahuan tentang cara memberikan pola asuh yang baik untuk anak yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode pola asuh Autoritatif dan pola asuh Islam. Pola asuh Autoritatif dengan cara komunikasi yang baik pada anak, mengajak anak musyawarah ketika menghadapi masalah, berusaha menghargai dengan memahami watak dan bahasa kasih anak, mengambil keputusan bersama antara orang tua dan anak. Pola asuh Islam dengan cara menjadi suri tauladan yang baik untuk anak seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, tidak bersikap keras, bersikap sabar dalam menghadapi anak dan selalu mendo’akan yang terbaik untuk anak. kedua, relevansi pemikiran parenting dr. Aisah Dahlan dalam buku Maukah Jadi Orang Tua Bahagia dengan bimbingan konseling keluarga Islam dapat dilihat dalam materi bimbingan konseling keluarga Islam yaitu mencakup tujuan, fungsi preventif, kuratif, preservative, development dan azas-azas bimbingan konseling keluarga Islam yang diketahui sebagai landasan dalam menjalankan kehidupan rumah tangga diantaranya azas kebahagiaan dunia akhirat, azas sakinah mawaddah dan rahmah, azas komunikasi musyawarah, azas sabar dan tawakkal, dan azas manfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Parenting; Bimbingan konseling; Keluarga Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Nov 2023 04:19
Last Modified: 18 Nov 2023 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22222

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics