Perilaku konsumtif : studi pada konsumen remaja Pizza Hut Ngaliyan Kota Semarang

Salsabila, Khalda (2023) Perilaku konsumtif : studi pada konsumen remaja Pizza Hut Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026145_Khalda_Salsabila] Text (Skripsi_1906026145_Khalda_Salsabila)
1906026145_Khalda Salsabila_Full Skripsi - Khalda Salsabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perilaku konsumtif adalah sebuah keinginan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan dengan jumlah besar untuk kepuasan sementara. Gaya hidup merupakan bagian dari kehidupan sosial yang akan berpengaruh pada suatu tatanan dan kriteria dari setiap pilihan yang diyakini oleh seseorang, sehingga dapat untuk mengenali identitas mereka. Remaja merupakan usia peralihan dari anak-anak menuju dewasa, masa remaja ini tentunya merupakan salah satu periode dari perkembangan manusia dimana remaja sudah mulai mudah berinteraksi dengan orang lain dan melakukan pengamatan di lingkungan sosialnya untuk menyesuaikan gaya hidup sebagai bentuk eksistensi diri. Keberadaan Pizza Hut merupakan salah satu usaha industri yang saat ini digemari oleh khalayak umum, tertuju pada remaja yang ada di kota-kota besar, termasuk Kota Semarang yaitu Pizza Hut Ngaliyan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana perilaku konsumtif konsumen remaja Pizza Hut Ngaliyan Kota Semarang dalam menunjukkan gaya hidupnya dan apa saja faktor yang melatarbelakangi perilaku konsumtif konsumen remaja Pizza Hut Ngaliyan Kota Semarang . Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku konsumtif konsumen remaja Pizza Hut Ngaliyan Semarang dalam menunjukkan gaya hidupnya dan faktor yang melatarbelakangi perilaku konsumtif konsumen remaja Pizza Hut Ngaliyan Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif serta pendekatan deskriptif untuk menjelaskan faktor-faktor yang menjadi latar belakang seseorang melakukan suatu tindakan yang dikaitkan dengan teori masyarakat konsumsi karya Jean Baudrilard. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian pustaka. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kualitatif. Analisis kualitatif merupakan upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisir data, kemudian memilahnya menjadi satu kesatuan untuk dapat dikelola dan diceritakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif konsumen remaja dalam menunjukkan gaya hidupnya dengan impulsive, tidak berpikir hemat, ingin tampil beda, mengikuti perkembangan zaman, meniru gaya kekota – kotaan , ingin menunjukkan eksistensi diri serta intensitas belanja yang terus – menerus, Sedangkan faktor yang melatarbelakangi perilaku konsumtif konsumen remaja Pizza Hut ngaliyan yaitu Pizza Hut Ngaliyan menyediakan berbagai varian menu makanan yang menarik, disertai konsep interior yang unik dan menarik, serta fasilitas yang nyaman dan karyawan yang ramah sehingga hal tersebut menjadi faktor keinginan remaja mengunjungi Pizza Hut Ngaliyan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; gaya hidup; remaja; Pizza Hut
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Nov 2023 04:34
Last Modified: 18 Nov 2023 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22227

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics