Pemberdayaan masyarakat melalui program lapak berkah : studi di Lembaga Inisatif Zakat Indonesia Perwakilan Jawa Tengah

Cholifah, Inda Nur (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui program lapak berkah : studi di Lembaga Inisatif Zakat Indonesia Perwakilan Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026170_Inda_Nur_Cholifah] Text (Skripsi_1906026170_Inda_Nur_Cholifah)
1906026170-Inda Nur Cholifah-Lengkap Tugas Akhir - inda nur cholifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Kota Semrang merupakan pusat perdagangan dan perekonomian Jawa Tengah, namun berdasarkan data yang didapatkan masih terdapat masyarakat Kota Semarang yang kurang berdaya. Seperti dalam bidang industri perdagangan, masih terdapat masyarakat yang belum mampu bersaing dan meningkatkan usahanya. Sebagai Lembaga pemberdayaan masyarakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah menjalankan programnya yaitu program lapak berkah yang fokus pada pemberdayaan masyarakat yang kurang berdaya. Oleh karena itu penelitan ini bertujuan untuk menjelaskan proses pemberdayaan masyarakat Kota Semarang melalui program lapak berkah IZI dan dampak yang dihasilkan melalui program pemberdayaan masyarakat melalui program lapak berkah IZI perwakilan Jawa Tengah.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun penelitian ini adalah penelitian studi lapangan. Sumber data yang digunakan peneliti dlam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam proses penelitian, peneliti melakukan wawancara dengan penangung jawab program lapak berkah dan beberapa mustahik penerima bantuan program lapak berkah IZI. Sedangkan data dari penelitian ini dianalisi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui program lapak berkah IZI perwakilan Jawa Tengah ini melalui pemberian bantuan modal dan gerobak kepada masyarakat penerima bantuan (mustahik). Hasil dari penelitian ini selaras dengan teori yang digunakan yaitu teori pemberdayaan masyarakat dari Jim Ife bahwa pemberdayaan masyarakat merupakan memberikan sumberdaya, wawasan, kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuanya dan untuk menentukan masa depanya sendiri. Dalam program lapak berkah IZI para mustahik mendapatkan sumber daya berupa bantan gerobak dan modal, wawasan berupa ilmu untuk meningkatkan ekonomi dan ilmu dlam bidang keagmaan yang didapat melalui pendampingan, kemudian keterampilan yang didapatkan dengan adanya pendampingan bidang ekonomi untuk menunjang usaha para mustahik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; lapak berkah; Inisatif Zakat Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Nov 2023 07:27
Last Modified: 18 Nov 2023 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics