Efektivitas penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) dalam mengatasi masalah kemiskinan di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

Luthfiyah, Afifatul (2023) Efektivitas penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) dalam mengatasi masalah kemiskinan di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026182_Afifatul_Luthfiyah] Text (Skripsi_1906026182_Afifatul_Luthfiyah)
1906026182_AFIFATUL L._FULL SKRIPSI - Afifatul Luthfiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan terkait bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya mengatasi masalah kemiskinan di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Penelitian ini menarik diteliti karena, pertama ditemukannya error dalam pendataan atau ketidaktepatan sasaran dalam memasukkan nama calon penerima bantuan, kedua keterlambatan dalam penyaluran bantuan PKH, ketiga kurangnya informasi mengenai PKH. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas yang terdiri atas lima indikator yaitu indikator masukan, proses, keluaran, manfaat dan dampak.
Metode yang digunakan adalah metode Kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 4.659 orang, dengan sampel sebanyak 375 orang yang menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% dan menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling sebagai teknik sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuisioner, serta untuk menganalisis data menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Upaya Mengatasi Masalah Kemiskinan di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati sudah efektif. Hasil perhitungannya menyatakan bahwa t hitung lebih > t tabel = (38,75 > 1,648) maka Ha diterima dan H0 ditolak dan dalam perhitungannya mencapai angka 75% dari angka yang dihipotesiskan yaitu 60% yang artinya sudah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program keluarga harapan (PKH); kemiskinan; bantuan sosial
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Nov 2023 07:37
Last Modified: 18 Nov 2023 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22237

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics