Pemetaan literatur tentang Walisongo di Perpustakaan UIN Walisongo dan pemanfaatannya oleh pemustaka

Miswan, Miswan and Ulumi, Bahrul and Akyas, Gibran (2021) Pemetaan literatur tentang Walisongo di Perpustakaan UIN Walisongo dan pemanfaatannya oleh pemustaka. Project Report. UPT Perpustakaan, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Penelitian_Pemetaan_Koleksi] Text (Penelitian_Pemetaan_Koleksi)
Pemetaan Koleksi tentang Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertemakan pemetaan literatur tercetak tentang Walisongo di Perpustakaan UIN Walisongo dan pemanfaatannya. Tujuan penelitian mengungkap bagaimana peta koleksi tentang Walisongo di antara koleksi lainnya yang ada dalam koleksi besar di UPT Perpustakaan UIN WS.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah 1) pemetaan berdasar pada strategi penelusuran dengan Boolean Operator. 2) pemetaan dengan berdasar conspectus. 3) pemetaan berdasar analisis subyek. Dan 4) pemetaan berdasar pada pemanfaatan koleksi tentang Walisongo oleh pemustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan query “walisongo” dengan berbagai vareasi tulisan lainnya, ternyata koleksi yang tersimpan di perpustakaan hanya 0.091 % dari seluruh jumlah koleksi yang ada.
Adapun pemetaan koleksi Walisongo berdasar pada conspectus menunjuk pada berbagai vareasi hasil, yaitu Analisis kedalaman pembahasan mengenai Walisongo menurut Conspectus menunjukkan bahwa 14 judul (48,28 %) dari koleksi di atas berada pada Comprehensive Level, 6 judul (20,69 %) Research Level, 3 judul (10,34 %) Instructional Support Level, 3 judul (10,34 %) Basic Information Level, 2 judul (6,90) Minimal Level, dan hanya 1 judul (3,45 %) yang berada pada kategori Out of Scope.
Sedangkan pemetaan berdasar pada analisis susbyek menunjukkan bahwa buku buku yang mengupas Walisongo lebih banyak mengelaborasi dari sisi dakwah 34.48%, sisanya mengenai subyek tarekat, sejarah Islam di Indonesia, biografi tokoh Islam, tasawuf, mitologi, fikih, aliran dan sekte, serta sejarah Jawa.
Penelitian pemetaan berdasar data peminjaman pada layanan sirkulasi meunjukkan bahwa semua buku tentang Walisongo pernah dipinjam oleh pemustaka. Menurut catatan dalam databse perpustakaan, hanya ada 3 judul buku yang belum pernah dipinjam oleh pemustaka karena buku-buku tersebut diakuisisi pada tahun 2020 yang memang tidak dipinjamkan oleh perpustakaan karena dimasukkan dalam buku referensi, disamping karna pandemic covid 19.
Berdasar pada temuan di atas dapat disimpulkan bahwa koleksi tercetak mengenai Walisongo sangat kecil bila dibandingkan dengan tema lain yang dikoleksi oleh UPT Perpustakaan UIN Walisongo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan koleksi; Walisongo; conspectus; pengembangan koleksi
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:14
Last Modified: 12 Jan 2024 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics