Manajemen pengajian kitab kuning dalam membentuk kecerdasan spiritual pada santri di Pondok Pesantren Putri Mbah Rumi Ngaliyan

Atiyyah, Lukhainul (2023) Manajemen pengajian kitab kuning dalam membentuk kecerdasan spiritual pada santri di Pondok Pesantren Putri Mbah Rumi Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036012_Lukhainul_Atiyyah_Lengkap] Text (Skripsi_1603036012_Lukhainul_Atiyyah_Lengkap)
Skripsi_1603036012_Lukhainul_Atiyyah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena. Menurunnya nilai spiritual yang disebabkan oleh kemajuan zaman dan teknologi. Melalui pengajian kitab kuning Pondok pesantren putri Mbah Rumi hadir di tengah masyarakat untuk turut berkontribusi dalam membentuk generasi muda yang memiliki kecerdasan spiritual.kitab kuning digunakan sebagai bahan utama dalam kegiatan pembelajaran dan eksis sampai sekarang. maka diperlukan manajemen pengajian kitab kuning yang yang baik, sehingga dapat mengatur bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengajian kitab kuning.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan manajemen pengajian kitab kuning di pondok pesantren putri Mbah Rumi di laksanakan setiap tahun ajaran baru. Meliputi pengumpulan data tentang latar belakang santri,Menentukan kitab yang akan di kaji,Menentukan daftar ustadz/ustadzah dengan daftar keilmuan.Membuat jadwal pengajian kitab kuning.(2)Pelaksanaan manajemen pengajian kitab kuning dalam membentuk kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren putri Mbah Rumi sudah berjalan dengan baik. Pengajian kitab kuning berjalan sesuai dengan panduan jadwal.Untuk penjadwalan dan pengalokasian waktu pengajian kitab kuning dilaksanakan di hari senin-minggu. dilaksanakan setelah isya pukul 19:30-21.30 WIB, dengan durasi pengajian selama 2 jam untuk 2 kitab. Kemudian untuk hari sabtu dan minggu ada penambahan waktu pengajian yaitu setalah subuh pukul 05:15 sampai dengan pukul 07:00 WIB. Metode pengajian kitab kuning di pondok pesantren mbah rumi menggunakan metode bandongan, sorogan dan halaqoh. Dari beberapa kitab yang dikaji dalam proses pengajian ,kitab safinah (متن سفينة النجاح) merupakan salah satu kitab yang berpengaruh dalam pembentukan kecerdasan spiritual santri.Adapun isi dalam kitab ini adalah membahas mengenai dasar ilmu fikih.(3)Evaluasi manajemen pengajian kitab kuning dalam membentuk kecerdasan spiritual pada santri di pondok pesantren putri Mbah Rumi sudah berjalan dengan baik.Pengajian kitab kuning sudah sesuai dengan panduan jadwal yang dibentuk oleh pengasuh pondok.Jika dilihat dari penjadwalan dan alokasi waktunya, pengajian kitab sudah berjalan sesuai dengan jadwal yang dibentuk.Pengamalan ilmu tentang ibadah yang diperoleh melalui pengajian kitab safinatun najah turut membentuk kecerdasan spiritual yang memenuhi aspek-aspek kecerdasan spiritual menurut pendapat Zahar dan Mashal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kitab kuning; Kecerdasan spiritual
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:37
Last Modified: 12 Jan 2024 09:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22398

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics