Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang

Anggraeni, Puji Ayu (2023) Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036016_Puji_Ayu_Anggraeni_Lengkap] Text (Skripsi_1603036016_Puji_Ayu_Anggraeni_Lengkap)
Skripsi_1603036016_Puji_Ayu_Anggraeni_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat dan keinginan peserta didik akan budaya membaca. Peserta didik juga kurang memahami tentang perpustakaan. Untuk menciptakan suasana perpustakaan yang diharapkan, dibutuhkan manajemen yang baik, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga melakukan evaluasi. Tidak hanya manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai pun menjadi faktor pendukung berkembangnya perpustakaan di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Berbagai metode telah dilakukan pihak perpustakaan untuk menarik perhatian peserta didik untuk gemar membaca dengan cara memberikan fasilitas yang nyaman, kursi yang nyaman, dan yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan perpustakaan di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang meliputi; menyiapkan tenaga perpustakaan yang kompeten dalam mengelola perpustakaan, melakukan penambahan judul buku, dan menyediakan rak buku disetiap pojok kelas. (2) Pelaksanaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MI darul Ulum Ngaliyan sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai cara perpustakaan dalam melakukan kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan minat baca. Kegiatan tersebut diantaranya meliputi: kegiatan SMS (Sabtu Membaca Senyap), menyedikan rak buku disetiap kelas yang diberi nama dengan pojok baca, memberi promosi kepada siswa, memberikan reward kepada siswa yang rajin membaca, adanya bacaan sastra dan fiksi, judul-judul buku harus menariksiswa yang membacanya, penyusunan tata ruang harus rapid an menarik siswa untuk berkunjung ke perpustakaan. (3) Evaluasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca diantaranya: siswa menjadi lebih semangat dalam membaca atau meminjam buku perpustakaan, siswa dapat lebih banyak memperoleh informasi, mempermudah siswa dalam meminjam atau membaca buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Perpustakaan; Minat baca
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:01
Last Modified: 12 Jan 2024 10:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics