Genealogi naskah anbiya’: pemikiran filsafat kenabian dari masa Walisongo hingga masa Surakarta awal

Widiastuti, Widiastuti (2023) Genealogi naskah anbiya’: pemikiran filsafat kenabian dari masa Walisongo hingga masa Surakarta awal. Project Report. SeAP (Southeast Asian Publishing), Semarang.

[thumbnail of GENEALOGI NASKAH ANBIYA'_Widiastuti.pdf] Text
GENEALOGI NASKAH ANBIYA'_Widiastuti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (531kB)

Abstract

Naskah Anbiya’ adalah naskah yang membahas kisah para nabi dalam Islam sejak nabi Adam hingga nabi Muhammad. Berdasarkan inventarisasi naskah, manuskrip naskah Anbiya’ terbanyak adalah berasal dari masa Surakarta Awal. Penelitian Genealogi Naskah Anbiya’ (Pemikiran Filsafat Kenabian dari Masa Walisongo hingga Masa Surakarta Awal) adalah penelitian filsafat dengan bantuan teori filologi. Teori ini penting karena peneliti ingin menemukan naskah Anbiya’ Jawa yang paling orisinil di antara banyak varian yang ada. Dari penelusuran inilah akhirnya penulis menemukan banyak sekali naskah Anbiya’ yang ditulis pada masa Surakarta Awal sehingga dapat dikatakan bahwa naskah tersebut sangat populer pada masa itu. Varian naskah bisa muncul karena pada zaman dahulu belum ada percetakan sehingga untuk mendapatkan naskah salinan (Jawa: tedhakan) perlu ditulis tangan lagi. Munculnya perbedaan antara naskah asli dengan naskah tedhakan sangat mungkin karena para penyalin cenderung menyesuaikan isi naskah dengan latar belakang masyarakatnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Geneologi; Teori Filologi; Anbiya; Naskah Walisongo
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 160 Logic > 167 Hypotheses
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 22 Jan 2024 10:54
Last Modified: 22 Jan 2024 10:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22406

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics