Pengaruh persepsi tentang Bahasa Arab, motivasi belajar Bahasa Arab dan kecemasan berbahasa Arab terhadap prestasi berbahasa Arab pada mahasiswa perawat di Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang

Budiman, Mamdukh (2016) Pengaruh persepsi tentang Bahasa Arab, motivasi belajar Bahasa Arab dan kecemasan berbahasa Arab terhadap prestasi berbahasa Arab pada mahasiswa perawat di Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_125112038_Mamdukh_Budiman] Text (Tesis_125112038_Mamdukh_Budiman)
Tesis_125112038_Mamdukh_Budiman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi tentang bahasa Arab, terhadap Prestasi belajar bahasa Arab, Motivasi belajar bahasa Arab terhadap Prestasi belajar bahasa Arab, dan Kecemasan belajar berbahasa Arab terhadap Prestasi belajar berbahasa Arab. Selain pengujian pervariabel, penelitian ini juga untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar berbahasa Arab.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif (statistik) yang terdiri dari variabel persepsi, motivasi dan kecemasan sebagai variabel independen (X) dan prestasi merupakan variabel dependen (Y). Dan dengan metode analisis regresi liner berganda serta menggunakan teknik non probality sampling yaitu purposive sampling. Skala Pengukuran Persepsi dan Motivasi (Skala Likert) sedangkan skala pengukuran kecemasan berbahasa Arab menggunakan skala Horwitz.
Pengaruh variabel persepsi X1 nilai B pada Unstandardized Coefficients dengan nilai 0,355 dengan nilai t sebesar 3,909 dan hasil nilai signifikansi (Pvalue) sebesar ,000. Artinya bahwa persepsi tentang bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab sangat mempengaruhi. Pada variabel motivasi X2, didapatkan nilai B pada Unstandardized Coefficients dengan nilai 0,217 dengan nilai t sebesar 3,231 dan hasil nilai signifikansi (Pvalue) sebesar ,002. Artinya bahwa pengaruh motivasi belajar bahasa Arab berpengaruh terhadap prestasi belajar berbahasa Arab. Kemudian pada variabel kecemasan X3 nilai B pada Unstandardized Coefficients dengan nilai -0,205, dan dengan nilai t sebesar -3,246, hasil nilai signifikansi (Pvalue) sebesar ,002. Artinya bahwa tingkat kecemasan belajar berbahasa Arab berukuran sedang antara cemas dan tidak cemas terhadap prestasi belajar berbahasa Arab.
Pada pengujian serentak variabel Persepsi (X1), Motivasi (X2) dan Kecemasan (X3) terhadap Prestasi (Y) dengan uji signifikasi uji F di dapatkan berpengaruh secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar berbahasa Arab. Dengan nilai nilai F hitung = 27,262 dengan signifikansi sebesar ,000b lebih besar dari F tabel 2,76. Artinya bahwa Persepsi, Motivasi Kecemasan memiliki total pengaruh terhadap variabel terikat yakni Prestasi.
Dengan demikian, penelitian ini menemukan pengaruh secara bersama-sama dari persepsi tentang bahasa Arab, motivasi belajar bahasa Arab dan kecemasan berbahasa Arab terhadap Prestasi berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Motivasi; Kecemasan; Prestasi belajar; Bahasa Arab; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:44
Last Modified: 31 Jan 2024 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22407

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics