Studi analisis pendapat Aasghar Ali Engineer tentang keadilan poligami

Habib, Miftakhul Khoirul (2020) Studi analisis pendapat Aasghar Ali Engineer tentang keadilan poligami. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602016062_Miftakhul_Khoirul_Habib] Text (Skripsi_1602016062_Miftakhul_Khoirul_Habib)
Skripsi_1602016062_Miftakhul_Khoirul_Habib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Poligami adalah perkawinan antara satu laki-laki dengan beberapa istri dalam waktu bersamaan. Keadilan merupakan kunci utama agar poligami dapat dilakukan dalam perkawinan. Skripsi ini membahas tentang pendapat salah satu tokoh pemikir kotemporer yaitu Asghar Ali Engineer. Dengan karakteristik penafsiran historis-kontekstual menjadikan pemikirannya menarik untuk diulas. Penelitian ini mengusung dua pembahasan masalah yaitu mengenai bagaimana istinbat Asghar Ali Engineer dalam menetapkan hukum dan apakah pendapatnya tentang keadilan poligami sudah valid kebenarannya sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pengambilan hukum Islam kedepannya.
Jenis penelitian ini adalah library research (kualitatif). Bahan-bahan yang terkait dengan skripsi ini meliputi beberapa buku karangan Asghar Ali Engineer seperti The Qur’an, Women And Modern Society, What I Believe, Islam And Its Relevance To Our Age dan lain-lain. Kemudian penulis mengangkat beberapa teori, kitab-kitab para ahli dan karangan ilmiah terkait dengan pemikiran Asghar Ali Engineer guna dijadikan rujukan dalam penelitian ini.
Asghar Ali Engineer menjadikan Al-Qur'an dan h}adi>s sebagai sumber hukum utama dan menafsirkannya secara historis-kontekstual. Menurutnya, Al-Qur'an memiliki 2 aspek yaitu normatif (abadi) dan kontekstual (berubah). Asghar Ali Engineer juga mengambil beberapa hadist yang sesuai dengan pola berfikirnya serta pendapat beberapa ulama klasik dan kontemporer. Asghar Ali Engineer menyatakan bahwa penafsiran seseorang sangat tergantung pada kehidupan sosio-kultural dan sudut pandang dunia. Al-Qur'an juga dikatakan terbentang oleh waktu dengan bukti adanya perbedaan pendapat antara ulama klasik dan modern. Selain itu, filsuf dan pemikir barat seperti Niaz Fatehpuri, Bertrand Russell dan Das Kapital Marx juga mempengaruhi cara berfikir Asghar Ali Engineer dalam menafsirkan hukum. Dari pemikiran Asghar Ali Engineer ia menyetujui adanya praktik poligami tetapi ia menyatakan bahwa monogami merupakan perkawinan yang diharapkan dan patut dipertahankan jika tiada sebab yang sangat darurat dan alasan yang kuat. Terdapat tiga jaminan keadilan yang harus dipenuhi jika menginginkan poligami. Di antaranya adalah penggunaan harta anak yatim secara adil, dengan menafsirkan maksud Q.S. Al-Nisa>′: 3 Al-Asghar menjadikan hal ini alasan utama bagi suami jika menginginkan poligami. Adanya jaminan nafkah yang diberikan kepada istri-istri menjadi sesuatu yang harus dipenuhi, jaminan nafkah Asghar Ali Engineer tergolong mudah dengan memberikan batas minimal secara rinci. Terakhir adalah adanya jaminan pembagian cinta dan kasih sayang secara rata, namun menurut Asghar Ali Engineer hal itu tidak mungkin bisa dilakukan dengan menafsirkan Q.S. Al-Nisa>′: 129. Mayoritas ulama juga berpendapat bahwa hal tersebut mustahil bisa dilakukan, namun Asghar Ali Engineer memasukkannya dalam jaminan keadilan poligami dengan menyatakan bahwa maksud Al-Qur'an sebenarnya adalah ingin menjadikan monogami sebagai pernikahan yang ideal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Poligami; Asghar Ali Engineer; Keadilan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Feb 2024 06:09
Last Modified: 17 Feb 2024 06:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22430

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics