Pengaruh kawasan wisata karaoke terhadap ketahanan keluarga warga sekitar kawasan : studi kasus di Dusun Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

Sepdwiandika, Muhammad Ilham Muttaqin (2020) Pengaruh kawasan wisata karaoke terhadap ketahanan keluarga warga sekitar kawasan : studi kasus di Dusun Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602016072_Muhammad_Ilham_Muttaqin_Sepdwiandika] Text (Skripsi_1602016072_Muhammad_Ilham_Muttaqin_Sepdwiandika)
Skripsi_1602016072_Muhammad_Ilham_Muttaqin_Sepdwiandika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Perkawinan adalah sebuah misi suci yang wajib dilaksanakan oleh setiap hamba Allah SWT, baik laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak yang terlibat di dalamnya, khususnya suami istri memelihara dan menjaganya secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Tentunya setiap keluarga pasti menginginkan keluarga yang harmonis, penuh cinta dan kasih sayang. Namun proses dalam membentuk keluarga yang harmonis tidaklah mudah, apalagi jika dihadapkan pada lingklungan yang kurang sehat, seperti kawasan wisata karaoke dimana di dalamnya terdapat banyak wanita-wanita malam. Adanya kawasan wisata karaoke tentunya berdampak pada kehidupan masyarakat sekitar terutama dalam kehidupan rumah tangga. Pada tahun 2019 terdapat kasus perceraian yang ditimbulkan karena adanya kawasan wisata karaoke di daerah Sarirejo. Dimana sang suami sering berkunjung ke kawasan wisata karaoke sehingga jarang pulang ke rumah sehingga istri tidak mendapatkan perhatian lagi dan akhirnya bercerai. Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dan dampak yang ditimbulkan dari kawasan wisata karaoke terhadap ketahanan keluarga warga Dusun Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamtan Sidorejo, Kota Salatiga.
Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan empiris atau pendekatan sosial. Objek dari penelitian ini adalah warga Dusun Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamtan Sidorejo, Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis data untuk mengurai suatu masalah atau fokus kajian menjadi bagian-bagian sehingga susunan bentuk sesuatu yang diurai tampak dengan jelas dan bisa ditangkap maknanya atau lebih dimengerti duduk perkaranya.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya kawasan wisata karaoke memberikan pengaruh baik dan buruk terhadap ketahanan keluarga warga sekitarnya. Pengaruh buruknya, bila pasangan suami dan istri tidak kuat mental dan tidak bisa saling menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangganya, maka mereka akan terjerumus pada pergaulan yang salah, dan bisa berselingkuh yang mengakibatkan perceraian dalam rumah tangganya. Pengaruh baiknya, dengan adanya kawasan tersebut bisa untuk melatih mental seseorang dengan meningkatkan kesetiaan dan kepercayaan antar pasangan, karena mentalitas warga yang tinggal di kawasan wisata karaoke sangatlah diuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perkawinan; Ketahanan keluarga; Kawasan Wisata Karaoke
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:34
Last Modified: 20 Feb 2024 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22436

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics