Efektivitas pelaksanaan e-court terhadap penerapan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan di Pengadilan Agama Semarang

Madany, Nur Fitrya (2021) Efektivitas pelaksanaan e-court terhadap penerapan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan di Pengadilan Agama Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602016093_Nur_Fitrya_Madany] Text (Skripsi_1602016093_Nur_Fitrya_Madany)
Skripsi_1602016093_Nur_Fitrya_Madany.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Demi mewujudkan sebuah proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan serta atas tuntutan perkembangan zaman, Mahkamah Agung (MA) melalui PERMA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi perkara dan persidangan di Pengadilan Secara Elektronik mengeluarkan sistem e-Court yang merupakan bagian dari upaya moderenisasi dari Mahkamah Agung yang nyata yang bertujuan untuk mendukung terwujudnya tertib penanganan perkara yang professional, transparan, akuntable, efektif dan efesien.
Sehubung dengan perkara tersebut, penulis akan menelitinya dengan menggunakan rumusan masalah yaitu: Bagaimana Implementasi pelaksanaan e-Court dalam Administrasi perkara dan persidangan secara elektronik di PA Semarang, serta bagaimana efektivitas pelaksanaan e-Court dalam Administrasi perkara dan persidangan secara elektronik di PA Semarang terhadap penerapan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan data yang diperoleh dari riset dilapangan dan studi kepustakaan, Adapun perolehan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan e-Court di Pengadilan Agama Semarang telah sesuai dengan PERMA No. 1 Tahun 2019. Meski begitu pelaksanaan e-Court di Pengadilan Agama Semarang belum terbilang efektif Penyebab sistem ini kurang dimanfaatkan masyarakat disebabkan oleh ketidaksiapan masyarakat untuk menghadapi perkembangan teknologi. (2) Dengan adanya sistem e-Court di Pengadilan Agama Semarang, penerapan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan terpenuhi dan mempermudah masyarakat yang ingin berperkara ke Pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Court; Asas peradilan; Sederhana; Cepat; Biaya ringan; Pengadilan Agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:43
Last Modified: 22 Feb 2024 00:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22449

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics