Analisis faktor-faktor yang menyebabkan perceraian di kalangan buruh pabrik : studi kasus Desa Banaran Banyuputih Batang tahun 2015-2020

Sahal, Achmad Ali (2020) Analisis faktor-faktor yang menyebabkan perceraian di kalangan buruh pabrik : studi kasus Desa Banaran Banyuputih Batang tahun 2015-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602016112_Achmad_Ali_Sahal] Text (Skripsi_1602016112_Achmad_Ali_Sahal)
Skripsi_1602016112_Achmad_Ali_Sahal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Membentuk sebuah keluarga bahagia dan harmonis adalah tujuan sebuah pernikahan. Pernikahan adalah sebuah manajemen perbedaan, barang siapa mampu menerima dan memahami perbedaan pasangannya, maka kebahagian dan keharmonisan adalah hasilnya, akan tetapi apabila seseorang tidak mampu menerima dan memahami perbedaan tersebut, maka akan berujung kepada perceraian. Banyak sebab tertentu yang dapat mengakibatkan sebuah pernikahan tidak dapat diteruskan, seperti halnya yang terjadi di Desa Banaran Dukuh Randubowo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang, pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2020 yang setiap tahunnya ada peristiwa perceraian yang terjadi. Berdasarkan data yang sesuai dengan penelitian skripsi ini. peneliti meneliti masalah tentang faktor-faktor yang menyebabkan perceraian di kalangan buruh pabrik.
Skripsi berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perceraian di Kalangan Buruh Pabrik (Studi Kasus Desa Banaran Banyuputih Batang tahun 2015-2020)” memiliki rumusan masalah: 1). Faktor apa saja yang menyebabkan perceraian di kalangan buruh pabrik Desa Banaran Banyuputih Batang? 2). Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Faktor-Faktor Perceraian di Kalangan Buruh Pabrik Desa Banaran Banyuputih Batang Tahun 2015-2020?.
Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer adalah hasil dari field research yaitu wawancara dengan orang yang mengalami perceraian, pihak pemerintah desa, data sekunder yaitu berupa data yang ada di balai desa dan data yang ada di KUA Banyuputih. Teknik analisa data menggunakan deskriptif normatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang melatar belakangi perceraian dalam rumah tangga buruh pabrik di Desa Banaran, yaitu ada tiga faktor yang pertama : Faktor perselingkuhan atau adanya orang ketiga, kemudian faktor ekonomi, dan faktor tidak adanya kecocokan dan perselisiahan antara suami dan istri. Hidup dalam hubungan perkawinan itu merupakan sunnah Allah dan sunnah Rasul, itulah yang dikehendaki oleh Islam. Sebaliknya melepaskan diri dari kehidupan perkawinan itu menyalahi sunnah Allah dan sunnah Rasul dan menyalahi kehendak Allah menciptakan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warohmah. Meskipun demikian, bila hubungan pernikahan itu tidak dapat lagi dipertahankan dan kalau dipertahankan juga akan menghadapi kehancuran dan kemadharatan, maka Islam membuka pintu untuk terjadi perceraian ataupun membolehkan melakukan perceraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perceraian; Buruh pabrik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:53
Last Modified: 23 Feb 2024 07:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22458

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics