Analisis tuntutan jaksa penuntut umum terhadap terdakwa kasus penganiayaan Novel Baswedan dalam putusan nomor 372/Pid.B/2020/PN. Jkt Utr. : perspektif hukum pidana Islam

Prabowo, Suprobo Ahmad (2020) Analisis tuntutan jaksa penuntut umum terhadap terdakwa kasus penganiayaan Novel Baswedan dalam putusan nomor 372/Pid.B/2020/PN. Jkt Utr. : perspektif hukum pidana Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036083_Suprobo_Ahmad_Prabowo] Text (Skripsi_1602036083_Suprobo_Ahmad_Prabowo)
Skripsi_1602036083_Suprobo_Ahmad_Prabowo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk mencari jawaban atas permasalahan-permasalahan mengenai: bagaimana pertimbangan yuridis Jaksa Penuntut Umum dalam tuntutan terhadap terdakwa penaniayaan Novel Baswedan dan bagaimana perspektif hukum pidana islam terhadap tuntutan Jaksa Penuntut Umum kepada terdakwa kasus penganiayaan Novel Baswedan dalam putusan nomor 372/Pid.B/2020/PN. Jkt.Utr.
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian hukum normatif, juga disebut penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan jalan melakukan penelitian terhadap sumber-sumber tertulis, maka penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, pendekatan komparatif. Menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu suatu metode penelitian dengan mengumpulkan data-data yang tertuju pada obyek yang diteliti, disusun, dijelaskan, dianalisis, diinterpretasikan dan kemudian disimpulkan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis bahwa Dalam melakukan penuntutan yang menjadi pertimbangan yuridis jaksa penuntut umum adalah menggunakan dasar pertimbangan secara obyektif dan subyektif. Dasar pertimbangan obyektif berdasarkan pada undang-undang yang berkaitan dengan suatu tindak pidana. Sementara dasar pertimbangan subyektif mengacu pada perasaan atau hati nurani seorang jaksa penuntut umum dalam melakukan tuntutan demi mencerminkan keadilan dan kebenaran bagi masyarakat. Dan apabila menurut perspektif Hukum Pidana Islam maka terdakwa dikenakan tuntutan hukuman qishash. Yaitu terdakwa pelaku penganiayaan dijatuhi tuntutan hukuman setimpal dengan apa yang telah diperbuat kepada korban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan yuridis; Penganiayaan; Qishash; Putusan Pengadilan; Huukum pidana Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Feb 2024 02:47
Last Modified: 24 Feb 2024 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics