Dakwah humanis Gus Miftah di Youtube

Waningsih, Sulistyo (2020) Dakwah humanis Gus Miftah di Youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601026067_Sulistyo_Waningsih] Text (Skripsi_1601026067_Sulistyo_Waningsih)
Skripsi_1601026067_Sulistyo_Waningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dakwah Humanis Gus Miftah di Youtube skripsi Sulistyo Waningsih (1601026067) Komunikasi dan Penyiaran Islam konsentrasi Televisi Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikai UIN Walisongo Semarang.
Dakwah saat ini tidak hanya dilakukan melalui tatap muka melainkan dengan media sosial seperti Youtube. Maraknya dakwah Islam di Youtube, ada beberapa orang yang memanfaatkan untuk menyebarkan ajaran yang radikal atau bisa disebut dakwah radikal. Kanal Youtube yang menyebarkan dakwah radikal di antaranya Media Dakwah Sunnah TV, Cahaya Islam dan Cahaya Tuhid. Dengan adanya dakwah radikal, Gus Miftah hadir sebagai da’i untuk memberikan contoh dakwah yang harus diterapkan yaitu dengan dakwah humanis. Dimana sesame manusia harus bisa memanusiakan manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana dakwah humanis Gus Miftah di Youtube. Analisis ini dilakukan dengan cara mengkategorikan video-video Gus Miftah di Youtube yang sudah ditentukan oleh penulis berdasarkan nilai dakwah humanis atau humanism Islam.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yaitu dengan konsep triadic yang terdiri dari representamen (sesuatu yang berfungsi sebagai tanda), object (sesuatu yang merujuk pada tanda) dan interpretant (sesuatu yang merujuk pada makna dari tanda).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gus Miftah telah menerapkan nilai-nilai dakwah huamanis yang terdiri dari nilai kebebasan, persamaan, dan persaudaraan. Gus Miftah menerapkannya dengan memberikan contoh langsung melalui video youtube-nya seperti cara berdoa kepada Allah yang benar, saling membantu sesama, menjaga keharmonisan dalam berkeluarga, sikap gotong royong, sikap menghargai orang yang lebih tua dan bersedekah, serta cara menghargai dengan tidak melukai perasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah humanis; Dakwah radikal; Gus Miftah; Media sosial; Youtube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Feb 2024 07:31
Last Modified: 24 Feb 2024 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics