Hubungan konsumsi kopi, kebiasaan merokok, dan kualitas tidur terhadap tekanan darah pada santri putra usia dewasa muda di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Tugurejo Semarang

Mawarni, Iga (2023) Hubungan konsumsi kopi, kebiasaan merokok, dan kualitas tidur terhadap tekanan darah pada santri putra usia dewasa muda di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1607026007_IGA_MAWARNI] Text (SKRIPSI_1607026007_IGA_MAWARNI)
1607026007_Iga Mawarni_Lengkap Tugas Akhir - Iga Mawarni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Faktor risiko yang dapat mempengaruhi tekanan darah adalah konsumsi kopi, kebiasaan merokok, dan kualitas tidur. Kandungan kafein pada kopi, kandungan zat kimia pada rokok, dan kualitas tidur yang buruk berdampak pada berbagai organ dalam tubuh terutama sistem kardiovaskular.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara konsumsi kopi, kebiasaan merokok, dan kualitas tidur terhadap tekanan darah pada santri putra usia dewasa muda di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Tugurejo Semarang
Matode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 59 santri, diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data tekanan darah diperoleh menggunakan alat sphygmomanometer. Data konsumsi kopi dan kebiasaan merokok mengunakan kuesiner. Data kualitas tidur mengunakan kuesioner PSQI. Analisis bivariat menggunakan uji Mann-Whitney serta uji Kruskal-Wallis dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik ordinal.
Hasil: Karakteristik responden mayoritas tidak baik dalam konsumsi kopi yaitu (59,9%), mayoritas kebiasaan merokok responden dalam kategori perokok ringan dan sedang dengan jumlah sama yaitu (39,0%), kualitas tidur responden masyoritas buruk yaitu (67,8%). Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara konsumsi kopi terhadap tekanan darah (p<0,001). Terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dan tekanan darah (p<0,001). Terdapat hubungan antara kualitas tidur terhadap tekanan darah (p<0,015). Hasil analisis multivariat menunjukkan konsumsi kopi berpengaruh signifikan terhadap tekanan darah responden.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara konsumsi kopi dengan tekanan darah. Terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan tekanan darah. Terdapat hubungan antara kualitas tidur terhadap tekanan darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsumsi kopi; kebiasaan merokok; kualitas tidur; tekanan darah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:15
Last Modified: 26 Feb 2024 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22480

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics