Pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung di Desa Banggi Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang

Fauziyah, Lutfi (2020) Pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung di Desa Banggi Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601046033_Lutfi_Fauziyah2] Text (Skripsi_1601046033_Lutfi_Fauziyah2)
Skripsi_1601046033_Lutfi_Fauziyah2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk membantu masyarakat atau kelompok lemah menjadi berdaya dan mandiri. Proses pemberdayaan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperbaiki kualitas hidup, mensejahterakan dan memandirikan masyarakat. Karang Taruna Singolawu dalam proses memperbaiki kualitas hidup serta mensejahterakan masyarakat desa Banggi Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang dengan cara melakukan pemberdayaan masyarakat dengan menggali potensi lokal dan melestarikan kearifan lokal yang dikemas dalam bentuk pasar dengan konsep tradisional yang memanfaatkan media digital dalam proses promosinya.
Penelitian ini membahas dua rumusan masalah yaitu 1) bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung di desa Banggi Kecamatan Kaliori kabupaten Rembang, 2) bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung kecamatan Kaliori kabupaten Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung di desa Banggi kecamatan Kaliori kabupaten Rembang, dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung kecamatan Kaliori kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memperoleh dua hal yaitu: Pertama, proses pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung di desa Banggi kecamatan Kaliori kabupaten Rembang sudah berjalan dengan baik. Mulai dari seleksi wilayah atau survei lokasi, sosialisasi pemberdayaan masyarakat, yang mencakup identifikasi masalah dan penggalian potensi, proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses evaluasi, yang terakhir proses pemandirian. Semua proses yang ada telah dilaksanakan berdasarkan perencanaan awal yang telah disepakati. Dan dilakukan monitoring serta evaluasi di setiap prosesnya. Masyarakat ikut aktif berpartisipasi dalam semua prosesnya. Kedua, hasil pemberdayaan masyarakat melalui pasar digital Mbrumbung di desa Banggi kecamatan Kaliori kabupaten Rembang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat, tumbuhnya solidaritas sosial, dan terawatnya lingkungan dan warisan budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Pasar digital
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Feb 2024 09:21
Last Modified: 26 Feb 2024 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics