Uji akurasi Aplikasi Muslim Pro versi 10.6 karya Erwan Mace dalam penentuan awal waktu salat

Hariyono, Hariyono (2020) Uji akurasi Aplikasi Muslim Pro versi 10.6 karya Erwan Mace dalam penentuan awal waktu salat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046089_Hariyono] Text (Skripsi_1602046089_Hariyono)
Skripsi_1602046089_Hariyono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Aplikasi Muslim Pro Versi 10.6 adalah salah satu aplikasi yang dibuat oleh seorang pengusaha yang berasal dari negara Prancis. Awalnya aplikasi ini dibuat sebagai sarana untuk menlengkapi kebutuhan umat Muslim diseluruh dunia pada saat bulan Ramadhan. Aplikasi Muslim Pro Versi 10.6 dibuat oleh Erwan Mace pada tahun 2008. Aplikasi Muslim Pro Versi 10.6 dapat menampilkan hasil hisab waktu salat yang bersifat opsional, dapat digunkan untuk seluruh kota/kabupaten di Indonesia. Dengan tampilannya yang bagus di Smartphone dan juga user friendly, simple dan menjadi salah satu aplikasi yang dipublikasikan oleh banyak negara, aplikasi Muslim Pro Versi 10.6 juga mendapatkan kepercayaan oleh lembaga resmi Indonesia yaitu Kemenag RI.
Permasalahan yang dikaji didalam penelitian ini adalah sistem hisab awal waktu salat dalam aplikasi Muslim Pro Versi 10.6 dan akurasi jadwal awal waktu salat dalam aplikasi Muslim Pro Versi 10.6.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif komparatif. Data primer Penulis dapatkan langsung maupun tidak langsung dari Tim Pengembang aplikasi Muslim Pro yang berada di Indonesia. Data sekunder Penulis dapatkan melalui dokumentasi yaitu beberapa buku yang membahas tentang hisab awal waktu salat, kamus, jurnal dan karya ilmiah yang lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Penulis menganalisis dengan menggunakan pendekatan analisis data-data hasil penelitian dan pendekatan komparatif untuk membandingkan hasil dari aplikasi Muslim Pro Versi 10.6 dengan hasil Program Accurate Times dan Digital Falak sebagai acuan, karena tidak mungkin Lembaga Pemerintah mengeluarkan awal waktu Salat yang tidak akurat dan tidak bermanfaat bagi umat
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat beberapa temuan yang menurut penulis perlu jabarkan. Yaitu 1) dalam hal metode perhitungannya yang pengambilan data deklinasi dan equation of time masih menggunakan tabel, yang bisa dikatakan sistem urfi, penggunaan nilai ihtiyath yang tergolong besar, masih belum adanya menu pilihan dalam menentukan apakah dimasukkan koreksi tinggi tempat yang notabene terdapat perbedaan pendapat mengenai hal itu karena pembuat mengikuti metode dari buku Ephimeris terbitan Kemenag RI, 2) Dari segi hasil awal waktu salat aplikasi Muslim Pro Versi 10.6 jika di bandingkan dengan keluaran dari program Accurate Times dan Digital Falak terdapat selisih di waktu Terbit, yang mana menurut penulis ini tergolong kurang akurat yaitu selisihnya 2 jika di bandingkan dengan keluaran program Accurate Times dan Digital Falak yang telah ada koreksi ketinggian tempat. Namun untuk awal waktu salat yang lain dimaklumi dan masih bisa di katakan cukup akurat dan dapat dipakai sebagai pengingat masuknya waktu salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Waktu Salat; Aplikasi Muslim Pro; Erwan Mace
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:14
Last Modified: 27 Feb 2024 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics