Analisis pemikiran Azyumardi Azra tentang pendidikan karakter anak di masa pandemi berbasis online

Anwar, Muhammad Amin (2021) Analisis pemikiran Azyumardi Azra tentang pendidikan karakter anak di masa pandemi berbasis online. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016107_Muhammad_Amin_Anwar] Text (Skripsi_1603016107_Muhammad_Amin_Anwar)
Skripsi_1603016107_Muhammad_Amin_Anwar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis pemikiran Azyumardi Azra tentang karakteristik anak dimasa pandemi berbasis online Penelitian ini merupakan penelitian lapangan deskriptif kualitatif, dimana peneliti membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta- fakta atau fenomena yang diteliti. Hasil data yang didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian hasil penelitian tersebut dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif. Pengambilan data pun menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen dan sumber datanya diambil dari hasil wawancara Azyumardi Azra dan juga leteratur-literatur lainnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Karakter Anak suatu hal yang mutlak harus dilaksanakan karena pada dasarnya semua guru sebagai pendidik memiliki tujuan yang sama dalam membentuk karakter bangsa. Strategi pendidikan karakter yang dilakukan pada pembelajaran daring ini diharapkan dapat mengakomodir sesuai dengan prinsip-prinsip Belajar Dari Rumah yang di jelaskan dalam Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, No. 4 tahun 2020. Sedangkan menurut Prof Dr Azyumardi Azra, menyatakan Pendidikan karakter yang tepat adalah yang berbasis agama. Jika konteksnya agama Islam, Pendidikan karakter ysng berbasis Islam wasathiyah (moderat) Yakni umat yang karakternya dan sikapnya selalu di tengah, tasawuth, tawazun, dan adil. Dan karakter yang harus dimiliki peserta didik saat pandemi yang mengharuskan pembelajaran online adalah : Religius, Jujur, Toleransi, disiplin, kerja keras,kreatif, Mandiri, Demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, .cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta damai,Gemar membaca, Peduli lingkungan, peduli social, Tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Azyumardi Azra; Pendidikan karakter Anak; Masa pandemi; Pembelajaran online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:23
Last Modified: 27 Feb 2024 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22500

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics