Efektivitas model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar materi iman kepada nabi dan rasul di kelas VIII di SMP N 4 Banjarnegara

Listiani, Ardian Dwi (2020) Efektivitas model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar materi iman kepada nabi dan rasul di kelas VIII di SMP N 4 Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603016090_Ardian_Dwi_Listiani] Text (Skripsi_1603016090_Ardian_Dwi_Listiani)
Skripsi_1603016090_Ardian_Dwi_Listiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas mata pelajaran PAI dalam materi iman kepada Nabi dan Rasul di kelas VIII di SMP N 4 Banjarnegara tahun ajaran 2019/2020. Adapun latarbelakang penelitian ini adalah peserta didik pasif dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah.
Jenis penelitian ini riset pendekatan kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain posttest only control group design. Sampel dalam penelitian diambil secara random menggunakan teknik probability sampling yang dipilih adalah simple random sampling, diperoleh kelas VIII B yang terdiri dari 39 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D terdiri dari 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai uts. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai kemudian diberi tes (posttest).
Setelah data didapat dilakukan uji prasyarat analisis yaitu normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis diperoleh t hitung = 2,239 kemudian dibandingkan dengan t tabel 1,989 dengan dk= .n1+n2-2= 43+41-2=82 peluang = 1- α = 1-0,05= 0,95. Dari hasil tersebut dapat dikatakan Ho ditolak karena t hitung > t tabel, sehingga Ha diterima, jadi penggunaan model pembelajaran quantum teaching efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Quantum teaching; Hasil belajar; Iman pada nabi dan rasul
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:39
Last Modified: 27 Feb 2024 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22502

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics