Hubungan status gizi, rasio lingkar pinggang panggul, frekuensi konsumsi kafein dengan pola menstruasi santriwati di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Kota Semarang

Najiyah, Marzuqotun (2023) Hubungan status gizi, rasio lingkar pinggang panggul, frekuensi konsumsi kafein dengan pola menstruasi santriwati di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1807026002_MARZUQOTUN_NAJIYAH] Text (SKRIPSI_1807026002_MARZUQOTUN_NAJIYAH)
1807026002_Marzuqotun Najiyah_SKRIPSI LENGKAP - Marzuqotun Najiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pola menstruasi merupakan proses yang meliputi siklus menstruasi, lama pendarahan dan dismenorea. Beberapa faktor penyebab diantaranya status gizi, RLPP dan frekuensi konsumsi kafein. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan status gizi, RLPP, frekuensi konsumsi kafein dengan pola menstruasi santriwati pondok pesantren Uswatun Hasanah Semarang dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel sebanyak 50 santriwati. Data berupa berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, lingkar panggul, frekuensi konsumsi kafein dari kuesioner FFQ, dan pola menstruasi dari kuesioner pola menstruasi. Hasil analisis univariat mayoritas memiliki status gizi normal (82%), RLPP mayoritas aman (74%), frekuensi konsumsi kafein mayoritas sering (52%), siklus menstruasi normal (62%), lama pendarahan normal (60%) dan mayoritas dismenorea (78%). Analisis bivariat menggunakan penggabungan sel, Chi-square dan uji Fisher. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan status gizi, RLPP dan frekuensi konsumsi kafein dengan siklus menstruasi. Tidak terdapat hubungan status gizi dan RLPP dengan lama pendarahan. Terdapat hubungan frekuensi konsumsi kafein dengan lama pendarahan. Tidak terdapat hubungan status gizi, RLPP dan frekuensi konsumsi kafein dengan dismenorea.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Status gizi; RLPP; kafein; menstruasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:02
Last Modified: 27 Feb 2024 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22504

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics