Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian mp-asi batita (studi desa Tugu, Kabupaten Demak)

Setiawan, Tara Ayunanda (2023) Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian mp-asi batita (studi desa Tugu, Kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1807026039_TARA_AYUNANDA_SETIAWAN] Text (SKRIPSI_1807026039_TARA_AYUNANDA_SETIAWAN)
1807026039_TARA AYUNANDA SETIAWAN_Lengkap Tugas Akhir - Tara Ayunanda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Batita merupakan sebutan anak berusia di bawah 3 tahun, kebutuhan zat gizi sebagai peranan terpenting untuk kecerdasan anak dan juga pertumbuhan fisiknya. MP-ASI yaitu makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi diluar ASI. Edukasi gizi adalah pendekatan edukatif guna mendapatkan tindakan individu kemudian memengaruhi peningkatan status gizi agar menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media sosial berkaitan dengan pengetahuan dan sikap ibu dalam memberikan MP-ASI pada balita di Desa Tugu Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan desain Pre Eksperimen Design dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Dari hasil kriteria inklusi eksklusi sampel penelitian yang digunakan adalah data total sampling yang berjumlah 50 responden. Data identitas responden meliputi: nama, usia, pendidikan terakhir, dan pekerjaan dari data sekunder, serta data pre-post test metode kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan analisis univariat terjadi peningkatan nilai rata-rata kuesioner pre-post test pengetahuan dan sikap ibu. Hasil analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon pengetahuan nilai p-value 0,00 (<0,05) yang menunjukan adanya pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan tentang pemberian MP-ASI Balita di Desa Tugu, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Hasil uji Wilcoxon sikap nilai p-value 0,00 (<0,05) yang menunjukan adanya pengaruh edukasi gizi terhadap sikap tentang pemberian MP-ASI Balita di Desa Tugu, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Balita; Edukasi Gizi; Pengetahuan Gizi; Sikap Ibu; Pemberian MP-ASI
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:51
Last Modified: 29 Feb 2024 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22524

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics