Pengaruh marketing mix terhadap minat masyarakat dalam memilih sekolah di MI Falahiyah Sidodadi, Sukosewu, Bojonegoro

Nadhiroh, Siti Nurin (2020) Pengaruh marketing mix terhadap minat masyarakat dalam memilih sekolah di MI Falahiyah Sidodadi, Sukosewu, Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036008_Siti_Nurin_Nadhiroh] Text (Skripsi_1603036008_Siti_Nurin_Nadhiroh)
Skripsi_1603036008_Siti_Nurin_Nadhiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bauran pemasaran atau Marketing mix merupakan salah satu alat alternatif yang bisa di gunakan oleh sekolah untuk melakukan pemasaran sekolah tersebut. Di dalam marketing mix terdapat empat unsur yaitu promosi, produk, tempat dan harga yang dapat menjadi penentu sekolah dalam melakukan pemasaran. Sekolah tidak bisa terlepas dari marketing mix karena dapat mempengaruhi minat masyarakat dalam memilihkan sekolah yang menurutnya baik dan bagus untuk anak-anaknya.
MI Falahiyah merupakan sekolah yang kurang diminati oleh masyarakat sekitar karena kurangnya sarana dan prasaran sekolah, terdapat faktor lingkungan, kurangnya kesadaran dalam kebutuhan belajar mengajar, guru mengajar tidak sesuai dengan bidangya, minimnya daya saing dengan sekolahan lain. Dengan adanya penelitian ini MI Falahiyah dapat menerapkan marketing mix untuk dijadikan pedoman dalam melakukan pemasaran sekolah.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan fokus mengambil Permasalahan. “Apakah marketing mix berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam memilih sekolah di MI Falahiyah Sidodadi, Sukosewu, Bojonegoro?”
Hasil penelitian memberikan saran bahwa bauran pemasaran atau marketing mix sangat berpengaruh untuk sekolah dalam melakukan pemasaran di masyarakat sekitar, pemasaran sekolah dengan menggunakan marketing mix yang berguna untuk menggait minat masyarakat, masyarakat dapat melihat pemasaran sekolah dengan berbagai macam, dari produk, promosi, tempat dan harga. MI Falahiyah dapat memasarkan sekolahan dengan menunjukan kelebihan di bidang islami-islami karena sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan kemenag.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Bauran pemasaran; Pendidikan; Memilih sekolah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:37
Last Modified: 05 Mar 2024 08:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22539

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics