Studi analisis metode hisab arah kiblat dalam kitab Risālah al-Manzilah

Dhafa, Muhammad (2021) Studi analisis metode hisab arah kiblat dalam kitab Risālah al-Manzilah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046004_Muhammad_Dhafa] Text (Skripsi_1602046004_Muhammad_Dhafa)
Skripsi_1602046004_Muhammad_Dhafa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Software atau aplikasi seperti Digital Falak, Muslim Pro dan lain sebagainya sudah banyka digunakan oleh masyarakat untuk mempermudah menentukan arah kiblat. Masyarakat umum lebih memilih metode hisab yang berbasis komputer karna lebih praktis dan cepat. Sehingga mentebabkan metode-metode hisab dengan perhitungan klasik mulai ditinggalkan. Kitab Risālah al-Manzilah hadir sebagai penerjemahan algoritma perhitungan Rubu’ kedalam perhitungan excel atau kalkulator.Kitab Risālah al-Manzilah fokus pada perhitungan dengan rumus klasik yang diterjemahkan dengan bahasa Ms. Excel, contoh rumusan dalam kitab ini adalah menghitung kebenaran dari dua teori Bumi bulat (Spherical) dan Bumi oval (Geodetic).
Sehingga penulis fokus pada dua permasalahan yakni mencari algoritma hisab arah kiblat yang terdapat dalam kitab Risālah al-Manzilah dan mencari tingkat keakurasiannya dari hisab arah kiblat dalam kitab tersebut. Sehingga memeberikan hasil bahwa tingkat keakuratan dalam metode tersebut akurat.
Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif library (pustaka), karena penelitian ini berorientasi pada anlisis metode hisab arah kiblat dalam kitab Risālah al-Manzilah . Sumber data yang penulis gunakan terbagi menjadi dua, pertama sumber data primer yang didapat dari pengarang kitab Risālah al-Manzilah, sedangkan data sekunder diperoleh dari kitab Risālah al-Manzilah, dokumentasi buku-buku, tulisan, artikel dan lainnya yang dapat menunjang hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sehingga hasil data yang diperoleh dapat penulis analisis dengan metode analisis deskriptif komparatif karena mengkomparasikan hasil metode hisab arah kiblat yang ada di kitab Risālah al-Manzilah dengan Ephimeris.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan membuahkan dua hasil, yang pertama bahsaawannya algoritma dalam metode hisab arah kiblat dalam kitab Risālah al-Manzilah dapat digunakan secara universal, dan yang kedua bahwasannya hasil dari keakurasian metode hisab arah kiblat dalam kitab Risālah al-Manzilah terbilang cukup karna hanya selisih 0’0’02’’ dari hasil pengkomperasian dengan Ephimeris,dengan hasil dari kitab Risālah al-Manzilah sebesar 295’08’26’’ dan Ephimeris sebesar 295’08’26’’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Risālah al-Manzilah; Trigonometri; Geodesi; Arah Kiblat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:06
Last Modified: 13 Mar 2024 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22575

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics