Rancang bangun program perhitungan raṣd al-qiblah harian dengan kalkulator pemrograman Casio FX-7400GII dan HP Prime

Halwa, Haula (2021) Rancang bangun program perhitungan raṣd al-qiblah harian dengan kalkulator pemrograman Casio FX-7400GII dan HP Prime. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046042_Haula_Halwa] Text (Skripsi_1602046042_Haula_Halwa)
Skripsi_1602046042_Haula_Halwa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada masa kini seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menentukan arah kiblat bukan lagi suatu permasalahan. Terdapat metode penentuan arah kiblat yang terbilang cukup mudah dengan hasil akurat namun tetap memanfaatkan teknologi, yaitu raṣd al-qiblah harian dengan perhitungan program kalkulator. Pada penelitian ini, penulis bermaksud merancang program untuk menghitung raṣd al-qiblah harian ala kalkulator pemrograman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perancangan program perhitungan raṣd al-qiblah harian praktis dengan kalkulator pemrograman Casio FX-7400GII dan kalkulator HP Prime serta mengetahui hasil uji fungsionalitas dan uji akurasi program tersebut..
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode penelitian kualitatif. Langkah-langkah penelitian meliputi perancangan, produksi dan evaluasi. Adapun Sumber data primer diperoleh dari buku Mekanika Benda Langit dan Ilmu Falak 1 yang dilengkapi dengan sumber sekunder lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan observasi setelah dilakukan uji fungsionalitas dan uji akurasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tahap reduksi, model data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan dari penelitian ini yaitu program perhitungan raṣd al-qiblah harian praktis ala kalkulator karena dilengkapi algoritma untuk menghitung data deklinasi Matahari dan Equation of Time. Karena dua kalkulator memiliki karakteristik pemrograman tersendiri, sehingga tentu berbeda dalam segi tampilan data. Hasil perhitungan cukup akurat karena hanya berselisih dalam orde detik, yaitu antara 02,42 detik hingga 38,25 detik busur terhadap software accurate times dan antara 0,1 detik hingga 0,74 detik terhadap perhitungan manual berbekal data ephemeris 2021 di mana selisih tersebut tidak berpengaruh signifikan dalam pengamatan. Dengan berbekal perhitungan kalkulator pemrograman, metode ini merupakan salah satu opsi penentuan arah kiblat yang praktis dan mudah selama cuaca mendukung. Program ini berlaku untuk seluruh wilayah di dunia di mana apabila hasilnya ‘error’ maka berarti tidak terjadi raṣd al-qiblah di wilayah itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Raṣd al-qiblah; Kalkulator pemrograman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:34
Last Modified: 13 Mar 2024 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22578

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics