Hubungan keanekaragaman konsumsi pangan, usia menarche dan status gizi dengan kejadian dismenore pada santri putri MA Al-Musyaffa’ Semarang

Utami, Firda Ayu (2023) Hubungan keanekaragaman konsumsi pangan, usia menarche dan status gizi dengan kejadian dismenore pada santri putri MA Al-Musyaffa’ Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1907026109_FIRDA_AYU_UTAMI] Text (SKRIPSI_1907026109_FIRDA_AYU_UTAMI)
1907026109_FIRDA AYU UTAMI-LENGKAP TUGAS AKHIR - Ana Nurul Fitria_032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Dismenore adalah suatu keadaan medis berupa rasa nyeri pada perut atau panggul sewaktu masa haid yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kejadian dismenore ini umumnya dialami remaja yang berusia di bawah 20 tahun, sebab puncak kejadian dismenore terjadi pada akhir masa remaja dan di awal dewasa muda yaitu usia 15-25 tahun. Prevalensi dismenore di Indonesia sebesar 55% di golongan usia produktif golongan usia produktif dengan 15% diantaranya mengaku terjadi keterbatasan aktivitas karena mengalami dismenore. Sedangkan angka prevalensi dismenore di Jawa Tengah mencapai 56%.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan keanekaragaman konsumsi pangan, usia menarche dan status gizi dengan kejadian dismenore pada remaja putri di MA Al-Musyaffa’ Semarang.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian survei analitik dengan desain cross sectional. Sampel sebanyak 37 orang dengan usia 15-18 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan uji chi square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan Sebagian besar sampel mempunyai tingkat keanekaragaman konsumsi pangan sedang (73%), mengalami usia menarche normal (59,5%), mempunyai status gizi baik (45,9%) dan mengalami kejadian dismenore sedang (45,9%). Hasil uji Fisher Exact Test menunjukkan tidak terdapat hubungan antara keanekaragaman konsumsi pangan dengan kejadian dismenore (p=1,00). Tidak terdapat hubungan antara usia menarche dengan kejadian dismenore (p=0,131). Terdapat hubungan antara status gizi dengan kejadian dismenore (p=0,036).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara keanekaragaman konsumsi pangan dengan kejadian dismenore, tidak terdapat hubungan antara usia menarche dengan kejadian dismenore dan terdapat hubungan antara status gizi dengan kejadian dismenore.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman konsumsi pangan; menarche; dismenore; status gizi; santri putri; remaja putri.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:23
Last Modified: 13 Mar 2024 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22588

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics