Komunikasi penyiar dalam program “Mimbar Agama Islam” di Radio Gajahmada FM Semarang

Nugraheni, Annisa (2021) Komunikasi penyiar dalam program “Mimbar Agama Islam” di Radio Gajahmada FM Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601026054_Annisa_Nugraheni] Text (Skripsi_1601026054_Annisa_Nugraheni)
Skripsi_1601026054_Annisa_Nugraheni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (852kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui gaya komunikasi penyiar di Radio Gajahmada FM melalui program acara “Mimbar Agama Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seorang penyiar ketika menyiarkan suatu program acara dengan mengetahui gaya komunikasi yang dipakai ketika siaran di stasiun radio.
Penelitian ini menggunakan Teori Logika Desain Pesan. Penelitian ini juga menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan objek penelitian lapangan. Metode analisis menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yang terdiri atas empat alur yaitu: pengumpulan data, data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan dengan tujuan untuk menganalisis gaya komunikasi penyiar dalam program acara tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi di studio radio Gajahmada FM. Setelah data tersebut terkumpul kemudian dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi penyiar di program “Mimbar Agama Islam” menggunakan gaya komunikasi equalitarian style, karena penyiar membuka interaksi dengan pendengarnya ketika siaran berlangsung dan terjadi komunikasi dua arah (two-way traffic communication).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya komunikasi; Penyiar; Siaran radio; Media dakwah; Mimbar Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:41
Last Modified: 14 Mar 2024 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22590

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics