Efektivitas siaran berjaringan Program Religi Pagi Pro 1 RRI Semarang dalam meningkatkan jumlah pendengar

Mutmainnatun, Siti (2021) Efektivitas siaran berjaringan Program Religi Pagi Pro 1 RRI Semarang dalam meningkatkan jumlah pendengar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601026100_Siti_Mutmainnatun] Text (Skripsi_1601026100_Siti_Mutmainnatun)
Skripsi_1601026100_Siti_Mutmainnatun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

RRI Semarang merupakan Lembaga Penyiaran Publik yang berorientasi untuk melayani publik atau masyarakat. Pro 1 merupakan salah satu programa yang ada di RRI Semarang. Religi Pagi adalah program siaran dakwah yang disiarkan oleh Pro 1, dan satu-satunya program siaran dakwah yang mempunyai siaran berjaringan. Sebuah program acara siaran dapat bertahan dan mendapat banyak audiens apabila program tersebut diminati oleh masyarakat. Lalu bagaimana efektivitas siaran berjaringan program Religi Pagi Pro 1 RRI Semarang dalam meningkatkan jumlah pendengar?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seperti apa program Religi Pagi di Pro 1 RRI Semarang, dan bagaimana efektivitas siaran berjaringan yang ada di program Religi Pagi Pro 1 RRI Semarang dalam meningkatkan jumlah pendengar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif dengan objek penelitian yaitu program Religi Pagi di Pro 1 RRI Semarang. Dalam penelitian ini, sumber data berasal dari orang-orang yang berhubungan dengan pelaksanaan penyiaran program Religi Pagi di Pro 1, seperti produser, penyiar, dan pendengar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis mendeskripsikan gambaran dari objek penelitian mengenai program Religi Pagi serta efektivitas siaran berjaringan pada program Religi Pagi di Pro 1 RRI Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siaran berjaringan secara kualitaf sudah cukup efektif dalam menarik minat pendengar, meskipun presentase data respon pendengar bulan Januari hingga Maret 2020 hanya mengalami kenaikan sebesar 7-21%. Jadi, siaran berjaringan dalam program Religi Pagi di Pro 1 RRI Semarang dapat dipertahankan eksistensinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: RRI Semarang Pro 1; Program Religi Pagi; Siaran Berjaringan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:51
Last Modified: 14 Mar 2024 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics