Optimalisasi dan efektivitas program gerakan KOIN NU Peduli UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu, Donorojo, Jepara : perspektif manajemen dakwah

Fitriani, Vina Yunika (2021) Optimalisasi dan efektivitas program gerakan KOIN NU Peduli UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu, Donorojo, Jepara : perspektif manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036018_Vina_Yunika_Fitriani] Text (Skripsi_1701036018_Vina_Yunika_Fitriani)
Skripsi_1701036018_Vina_Yunika_Fitriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Vina Yunika Fitriani (1701036018) dengan judul “Optimalisasi dan Efektivitas Program Gerakan KOIN NU-Peduli UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu, Donorojo, Jepara (Perspektif Manajemen Dakwah)” Program Strata (SI), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini ingin menjawab problem (1) Bagaimana optimalisasi program Gerakan KOIN NU-Peduli UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara, (2) Sejauhmana Efektivitas program Gerakan KOIN NU Peduli UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan dari perspektif manajemen dakwah. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepengurusan UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu dan memiliki dua jenis data, primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi partisipatif dan non-partisipatif, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori dari Miles dan Huberman (1992) dengan cara mereduksi data kemudian disajikan menjadi data display dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Optimalisasi program Gerakan KOIN NU-Peduli yang telah dilakukan oleh UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu meliputi beberapa hal, yaitu: (a) Merumuskan tujuan dari program ini secara terperinci, (b) mengalokasikan dana dipikirkan secara matang-matang yang sekiranya dapat terbagi rata dalam semua bidang kehidupan, (c) menanamkan semangat perjuangan kepada seluruh pengurus UPZIS dalam melaksanakan program ini, (d) Selalu melakukan koordinasi kepada LAZISNU Cabang mengenai prosedur-prosedur pelaksanaan, (e) Merekrut orang-orang yang benar-benar berkompeten dalam pengelolaan kelembagaan, (f) Mengendalikan problem dengan cara sederhana dan mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan dan (g) Melakukan pengawasan pada saat kegiatan pendistribusian berlangsung. (2) Efektivitas yang sudah dicapai oleh UPZIS LAZISNU Desa Ujungwatu meliputi: (a) Program ini telah memiliki tujuan yang spesifik dan sesuai dengan kondisi masyarakat Desa Ujungwatu; (b) Strategi yang digunakan masih bersifat abstrak dan belum konkret teknisnya; (c) Penyaluran dana untuk bidang-bidang yang telah ditetapkan oleh Gerakan KOIN NU-Peduli ini sudah mencapai 50-75% untuk menuju kepada tujuan yang diharapkan; (d) Sistem pengendalian dan pengawasan yang sudah berjalan dilakukan saat kegiatan penyaluran dana berlangsung dan pada saat penghimpunan uang hasil KOIN NU itu hendak disetorkan kepada LAZISNU. Dilakukan ketika terdapat kendala dan hambatan yang bersifat kompleks serta urgent.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: KOIN NU-Peduli; Pengelolaan zakat; LAZISNU; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:50
Last Modified: 14 Mar 2024 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22600

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics