Skrining bakteri toleran logam berat timbal (pb) dari sungai cilemahabang Desa Waluya Kabupaten Bekasi yang berpotensi sebagai agen bioremediasi

Irwani, Anisa Novia (2023) Skrining bakteri toleran logam berat timbal (pb) dari sungai cilemahabang Desa Waluya Kabupaten Bekasi yang berpotensi sebagai agen bioremediasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1908016001_ANISA_NOVIA_IRWANI] Text (SKRIPSI_1908016001_ANISA_NOVIA_IRWANI)
Anisa Novia Irwani_1908016001_Lengkap Tugas Akhir - Anisa Novia Irwani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Logam berat pb diduga mencemari sungai Cilemahabang yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan ekosistem perairan. Tujuan dari penelitian skripsi ini untuk mengidentifikasi bakteri resisten logam berat timbal (Pb) pada air dan sedimen sungai Cilemahabang serta karakteristik bakteri tersebut yang diharapkan dapat berpotensi sebagai agen bioremediasi. Penelitian ini menggunakan sampel air dan sedimen yang diisolasi dari sungai Cilemahabang Kabupaten Bekasi. Isolasi bakteri menggunakan media NA yang ditambahkan logam berat Pb 10 ppm kemudian diinkubasi selama 24 jam dengan suhu 270C. Identifikasi bakteri dilakukan dengan pengamatan morfologi, pewarnaan gram dan uji biokimia. Metode disk diffusion digunakan untuk mengetahui resistensi bakteri toleran logam Pb pada konsentrasi Pb yaitu 10 ppm, 15 ppm, 20 ppm, 25 ppm dan 30 ppm. Hasil penelitian ini diperoleh 8 isolat bakteri yang terdiri dari genus Bacillus, Citrobacter, Pseudomonas dan Aeromonas. Genus Citrobacter mempunyai diameter zona hambat terbaik pada semua konsentrasi. Penelitian ini menunjukan bahwa sungai Cilemahabang memiliki bakteri resisten terhadap logam berat Pb sehingga berpotensi sebagai agen bioremediasi untuk meminimalisir pencemaran logam Pb pada sungai tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bakteri toleran; Logam berat Pb; Sungai Cilemahabang
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:40
Last Modified: 15 Mar 2024 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22602

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics