Studi komparatif metode perhitungan buku Hisab Urfi dan Hakiki karya Muh. Wardan Diponingrat dengan kitab al-Dūrr al-Anīq karya KH. Ahmad Ghozali dalam penentuan awal bulan Kamariah

Bahyhaqi, Roif Hasan (2021) Studi komparatif metode perhitungan buku Hisab Urfi dan Hakiki karya Muh. Wardan Diponingrat dengan kitab al-Dūrr al-Anīq karya KH. Ahmad Ghozali dalam penentuan awal bulan Kamariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1402046052_Roif_Hasan_Bahyhaqi] Text (Skripsi_1402046052_Roif_Hasan_Bahyhaqi)
Skripsi_1402046052_Roif_Hasan_Bahyhaqi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Di Indonesia sangat berkembang sekali sistem metode perhitungan yang ditawarkan oleh para ahli falak. Banyaknya metode perhitungan yang ditawarkan oleh para ahli falak jika diamati dan dianalisa dengan mendalam ternyata memiliki hasil yang berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan itu terjadi karena metode yang digunakan dan algoritma yang dipakai dalam proses perhitungannya. Seperti halnya buku Hisab Urfi dan Hakiki karya Muh. Wardan Diponingrat dan kitab al-Dūrr al-Anīq karya KH. Ahmad Ghozali Muhammad Fathullah yang mana keduanya merupakan ahli falak. Kedua kitab ini memiliki metode hisab yang berbeda dan algoritma yang berbeda pula, sehingga hasil yang diperoleh dari masing-masing kitab tersebut memiliki perbedaan pula.
Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana metode langkah perhitungan awal Bulan Kamariah dalam buku Hisab Urfi dan Hakiki dengan kitab al-Dūrr al-Anīq serta bagaimana komparatif perhitungan awal Bulan Kamariah dalam buku Hisab Urfi dan Hakiki dengan kitab al-Dūrr al-Anīq. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan kajian penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengambil data primer yaitu buku Hisab Urfi dan Hakiki serta kitab al-Dūrr al-Anīq dan data sekunder yaitu buku, artikel, jurnal, makalah dan wawancara yang berkaitan dengan penelitian. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode komparatif dan content analisis. Dalam proses mengkomparatif penulis menggunakan parameter algoritma ephemeris.
Penelitian ini menghasilkan bahwa metode hisab yang digunakan dalam buku Hisab Urfi dan Hakiki menggunakan metode haqiqi bi Tahqiqi sedangkan kitab al-Dūrr al-Anīq menggunakan metode hisab kontemporer. Dalam proses perhitungannya awal Bulan Kamariah buku Hisab Urfi dan Hakiki menggunakan data tabel dan algoritma yang sederhana. Sedangkan kitab al-Dūrr al-Anīq dalam proses penentuan awal Bulan Kamariah menggunakan tabel dan rumus yang sudah tertera didalam kitab tersebut dengan melakukan koreksi-koreksi yang sangat panjang. Adapun perbedaan dari keduanya antara lain dalam proses penentuan waktu ijtima’ dan menghitung ketinggian hilal. Dalam penelitian ini juga penulis menemukan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kitab tersebut, salah satunya kelebihan dari buku Hisab Urfi dan Hakiki dalam proses perhitungan awal Bulan Kamariah lebih sederhana dan memiliki tingkat keakurasian yang cukup akurat, berbeda dengan kitab al-Dūrr al-Anīq yang dalam proses penentuan awal Bulan Kamariah harus menggunakan koreksi-koreksi dan rumus yang panjang. Namun nilai yang dihasilkan dalam kitab al-Dūrr al-Anīq lebih akurat dibandingkan dengan buku Hisab Urfi dan Hakiki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku Hisab Urfi dan Hakiki; Kitab al-Dūrr al-Anīq; Awal Bulan Kamariah; Muh. Wardan Diponingrat; KH. Ahmad Ghozali
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:11
Last Modified: 22 Mar 2024 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22610

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics