Nilai kesabaran dan tawakal dalam novel Aminah Senandung Rindu Bunda Rasul karya Nuriye Celeğen serta implementasinya dalam pendidikan Islam

Abdillah, Khoirunnisa (2021) Nilai kesabaran dan tawakal dalam novel Aminah Senandung Rindu Bunda Rasul karya Nuriye Celeğen serta implementasinya dalam pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016055_Khoirunnisa_Abdillah] Text (Skripsi_1703016055_Khoirunnisa_Abdillah)
Skripsi_1703016055_Khoirunnisa_Abdillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kesabaran dan tawakal merupakan dua hal yang saling berkaitan dan melengkapi. Kedua akhlak ini dianggap penting untuk dibahas mengingat dalam hidup bermasyarakat kita akan menemui adanya perbedaan yang dapat berupa latar belakang, pemikiran, sifat, maupun kebiasaan yang berpotensi menimbulkan perasaan tidak nyaman. Terkait dengan pendidikan mengenai sabar dan tawakal pada umumnya dapat kita temukan melalui Al-Qur’an, hadis, maupun kitab-kitab yang ditulis oleh ulama. Adapun seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan karya sastra berbentuk novel turut berperan serta dalam perbaikan serta pembentukan kedua akhlak mulia ini. Salah satu novel yang turut berperan ialah novel Aminah Senandung Rindu Bunda Rasul karya Nuriye Çeleğen. Novel ini membahas mengenai kehidupan Aminah binti Wuhaib serta orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan beliau.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan tujuan memaparkan mengenai nilai kesabaran dan tawakal dalam novel Aminah Senandung Rindu Bunda Rasul karya Nuriye Çeleğen serta implementasinya dalam pendidikan Islam. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan psikologi sastra dengan teknik berupa content analysis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian bahwa di dalam novel Aminah Senandung Rindu Bunda Rasul terdapat nilai kesabaran dan tawakal yang digambarkan melalui perkataan maupun tindakan para tokoh di dalamnya. Kesabaran dan tawakal tersebut berupa sabar terhadap petaka dunia, sabar dalam menahan gejolak hawa nafsu, sabar dalam taat kepada Allah, sabar dalam pergaulan, tawakal ketika mencari rezeki, tawakal dalam mendukung perdamaian, serta tawakal dalam menghadapi cobaan hidup, juga pengimplementasian tentang kesabaran dan tawakal dalam pendidikan Islam.
Berdasarkan hasil tersebut diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam dunia pendidikan terkait dengan nilai pendidikan kesabaran dan tawakal melalui alternatif pemikiran lewat karya sastra berbentuk novel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesabaran; Tawakal; Novel; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:42
Last Modified: 24 Apr 2024 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22625

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics