Implementasi program tahfidz Alquran di MAN 1 Kudus

Nikmah, Firdha Ma'rifatun (2021) Implementasi program tahfidz Alquran di MAN 1 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016077_Firdha_Ma'rifatun_Nikmah] Text (Skripsi_1703016077_Firdha_Ma'rifatun_Nikmah)
Skripsi_1703016077_Firdha_Ma'rifatun_Nikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan mengenai implementasi program tahfidz Alquran di MAN 1 Kudus. Program tahfidz Alquran adalah kegiatan/aktivitas yang berkaitan dengan menghafal Alquran. MAN 1 Kudus adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan program tahfidz Alquran bagi siswa siswinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi program tahfidz Alquran di MAN 1 Kudus, 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi program tahfidz Alquran di MAN 1 Kudus.
Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif, dengan melakukan studi lapangan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Quran MAN 1 Kudus, Ustadz/Ustadzah program tahfidz Alquran MAN 1 Kudus, dan siswa-siswi program tahfidz Alquran MAN 1 Kudus. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) program tahfidz Alquran di MAN 1 Kudus telah berjalan dengan baik karena telah mencetak generasi-generasi penghafal Alquran sesuai dengan tujuan program tahfidz Alquran. Pengelolaan program tahfidz di MAN 1 Kudus yaitu dengan memfasilisi asrama yang dibimbing oleh pengasuh dan pembimbing program tahfidz. Kemudian menyusun program-program yaitu program keseharian siswa, halaqoh, belajar malam, dan program bahasa. Adapun metode yang digunakan dalam menghafal Alquran adalah halaqoh/setoran dengan sistem muroja’ah/takrir yaitu mengulang hafalan dan metode ziyadah/talaqqi yaitu menambah hafalan, 2) faktor pendukung dalam program tahfidz di MAN 1 Kudus adalah 1) adanya pondok pesantren, 2) kebijakan tidak diperbolehkan adanya PR, 3) manajemen waktu, 4) motivasi, 5) adanya kewajiban berbahasa Arab dan Inggris. Dan faktor penghambat dalam program tahfidz Alquran di MAN 1 Kudus adalah 1) rasa malas/melemahnya semangat menghafal , 2) kesulitan dalam menghafal, 3) lupa terhadap ayat-ayat yang telah dihafalkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program; Tahfidz Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:49
Last Modified: 24 Apr 2024 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22626

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics