Pengaruh intensitas mengikuti kegiatan Pramuka terhadap rasa percaya diri peserta didik MTs Asy’ariyah Tegalarum Mranggen Demak tahun ajaran 2013/2014.

GHOFAR, A.ULUL (2014) Pengaruh intensitas mengikuti kegiatan Pramuka terhadap rasa percaya diri peserta didik MTs Asy’ariyah Tegalarum Mranggen Demak tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 093111015_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111015_coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111015_bab1.pdf]
Preview
Text
093111015_bab1.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 093111015_bab2.pdf]
Preview
Text
093111015_bab2.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 093111015_bab3.pdf]
Preview
Text
093111015_bab3.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 093111015_bab4.pdf]
Preview
Text
093111015_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111015_bab5.pdf]
Preview
Text
093111015_bab5.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 093111015_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111015_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh intensitas mengikuti kegiatan pramuka terhadap rasa percaya diri peserta didik MTs Asy’ariyah Tegalarum Mranggen Demak.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX menggunakan teknik random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mencari data intensitas mengikuti pramuka (X) dan rasa percaya diri peserta didik(Y), dan informasi dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang intensitas mengikuti pramuka. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi.
Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 38 diperoleh Ftabel sebesar 4,10 sedang Freg sebesar 15,821. Jika dibandingkan keduanya Freg = 15,821 > Ftabel ( 0,05 ; 1,38) = 4,10. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 38 diperoleh Ftabel sebesar 7,35 sedang Freg sebesar 15,821. Jika dibandingkan keduanya Freg = 15,821 > Ftabel ( 0,01 ; 1,38) = 7,35. Sedangkan sumbangan (X) terhadap (Y) sebesar 0,294 (29,4%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Y ̂=21,813+0,685 X
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis variabel intensitas mengikuti pramuka dan variabel rasa percaya diri peserta didik di MTs Asy’ariyah Tegalarum Mranggen Demak. pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05 keduanya menunjukkan signifikan, berarti variabel intensitas mengikuti pramuka berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasa percaya diri peserta didik di MTs Asy’ariyah Tegalarum Mranggen Demak.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan MTs Asy’ariyah Tegalarum Mranggen Demak, dan juga bagi dewan guru agar senantiasa memberikan perhatian dan bimbingan kepada peserta didik melalui program kegiatan pramuka sehingga peserta didik dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abdul Wahib, M.Ag., Drs. Achmad Sudja’i, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pramuka; rasa percaya diri; peserta didik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 02 Mar 2015 07:11
Last Modified: 02 Mar 2015 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3570

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics