Pengaruh aktivitas menghafal Al Qur’an terhadap prestasi belajar santri Bil Ghaib di IAIN Walisongo tahun akademik 2012/2013 (Studi analisis di Pondok Pesantren Putri Al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang)

Azzulfa, Faizatunni’mah (2014) Pengaruh aktivitas menghafal Al Qur’an terhadap prestasi belajar santri Bil Ghaib di IAIN Walisongo tahun akademik 2012/2013 (Studi analisis di Pondok Pesantren Putri Al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093111043_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111043_coverdll.pdf - Cover Image

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of 093111043_bab1.pdf]
Preview
Text
093111043_bab1.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 093111043_bab2.pdf]
Preview
Text
093111043_bab2.pdf - Accepted Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 093111043_bab3.pdf]
Preview
Text
093111043_bab3.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 093111043_bab4.pdf]
Preview
Text
093111043_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111043_bab5.pdf]
Preview
Text
093111043_bab5.pdf - Accepted Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 093111043_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111043_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (113kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Aktivitas Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Santri Bil Ghaib di IAIN Walisongo Tahun Akademik 2012/2013 (Studi Analisis di Pondok Pesantren Putri Al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang), dengan latarbelakang bahwa menghafal al-Qur’an dan prestasi belajar sama-sama memerlukan aktivitas yang intens, berupa perhatian lebih, waktu khusus. Seseorang tidak mungkin bisa melakukan semua pekerjaan dalam satu waktu secara bersamaan. Akan tetapi di Pondok Pesantren al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang, hal ini dapat berjalan beriringan.
Rumusan masalah: 1) Bagaimana aktivitas menghafal al-Qur’an santri bil ghaib Pondok Pesantren Putri Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang Tahun 2013?. 2)Bagaimana prestasi belajar santri bil ghaib di IAIN Walisongo Semarang Tahun Akademik 2012/2013?. 3) Adakah pengaruh aktivitas menghafal al-Quran terhadap prestasi belajar santri bil ghaib Pondok Pesantren Putri Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang Tahun 2013?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Adakah Pengaruh Aktivitas Menghafal al-Quran terhadap Prestasi Belajar Santri bil ghaib Pondok Pesantren Putri Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang Tahun 2013?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis statistik..Subyek penelitian sebanyak 40 responden, yang berupa santri bil ghaib yang menjadi mahasiswa di IAIN Walisongo Semarang. Adapun metode pengumpulan data menggunakan: metode wawancara, angket dan metode dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis. Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi satu prediktor dan korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas menghafal Al Qur’an santri Pondok Pesantren Putri Al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang mempunyai rata-rata yaitu = 3,33 dan simpangan baku yaitu S = 0,36 dan termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 3,15 – 3,50.
Sedangkan Prestasi belajar santri Pondok Pesantren Putri Al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang mempunyai rata – rata = 3,50 dan simpangan baku S = 0,18 dan termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 3,41 – 3,58.
Untuk menentukan pengaruh variabel Aktivitas Menghafal Al Qur’an (X) terhadap Prestasi Belajar Santri Pondok Pesantren Putri Al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. maka dapat diolah ke dalam rumus analisis regresi dengan satu prediktor dan diperoleh hasil persamaan regresi Ŷ = 2,56 + 0,28X dan hasil varians garis regresi Fhitung = 17,418> Ftabel ( 0,05 ; 1, 38) = 4, 10 berarti signifikan dan Fhitung = 17,418 > Ftabel ( 0,01 ; 1, 38) = 7, 35 berarti signifikan.
Peneliti dapat menyimpulkan dari pengajuan hipotesis terbukti bahwa variabel aktivitas menghafal al Qur’an berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar santri al Hikmah Tugurejo Tugu Semarang, dengan besarnya pengaruh X terhadap Y senilai 31,4 %. Adapun sisanya 68,6 % adalah faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing :Prof. Dr. H Ahmadi (Alm); Dra.Muntholi’ah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al Qur’an, Prestasi belajar, Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 11 Mar 2015 06:54
Last Modified: 11 Mar 2015 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics