Pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari'ah terhadap minat konsumen hotel syari'ah ;studi kasus pada Hotel Graha Agung Semarang;

Warits, Abdul (2009) Pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari'ah terhadap minat konsumen hotel syari'ah ;studi kasus pada Hotel Graha Agung Semarang;. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2105047 _  Coverdll.pdf]
Preview
Text
2105047 _ Coverdll.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2105047 _  Bab 1.pdf]
Preview
Text
2105047 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2105047 _  Bab 2.pdf]
Preview
Text
2105047 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2105047 _  Bab 3.pdf]
Preview
Text
2105047 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2105047 _  Bab 4.pdf]
Preview
Text
2105047 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2105047 _  Bab 5.pdf]
Preview
Text
2105047 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 2105047 _  Bibliography.pdf]
Preview
Text
2105047 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syari’ah di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip syari’ah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syari’ah, asuransi syari’ah, reksadana syari’ah, pasar modal syari’ah hingga sektor bisnis di bidang perhotelan juga menerapkan prinsip syari’ah. Alhasil, tidak sedikit hotel yang mulai menerapkan prinsip-prinsip syari’ah dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. Di Semarang terdapat Hotel Graha Agung yang terletak di Jalan Gajah Raya Kompleks Masjid Agung Jawa Tengah Semarang. Hotel Graha Agung memiliki keunikan yang membedakan dengan hotel-hotel lain. Hotel Graha Agung adalah penginapan yang bernuansa islami dengan lokasi di dalam komplek Masjid Agung Jawa Tengah. Hal yang membedakan Hotel Graha Agung dengan hotel lain adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan mencerminkan nilai islami dan bernuansa religi. Sebagai contoh sederhana, semua karyawan hotel mengenakan busana yang menutup aurat, hotel juga hanya menyediakan makanan dan minuman yang halal serta ketersediaan sarana ibadah di setiap kamar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat konsumen? 2). Bagaimana pengaruh penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap minat konsumen? 3). Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah (secara simultan) terhadap minat konsumen?
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Mengidentifikasi variabel pelayanan dan prinsip-prinsip syari’ah serta minat konsumen pada hotel syari’ah (Graha Agung Hotel Semarang). 2). Untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap minat konsumen hotel syari’ah (Graha Agung Hotel Semarang).
Metodologi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisisen determinasi, uji t parsial dan uji F secara simultan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah, secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen hotel syari’ah. Sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen hotel syari’ah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah, secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen hotel syari’ah.Uji t dan uji F menghasilkan nilai signifikansi <0,05. Kemudian nilai R Square sebesar 0,415 mengindikasikan bahwa variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 41,5%. Sedangkan sisanya sebesar 58,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini.

Kata kunci : kualitas pelayanan, penerapan prinsip-prinsip syari’ah, minat konsumen, hotel syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Minat konsumen; Hotel syari’ah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 18 Mar 2015 01:05
Last Modified: 04 Sep 2023 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics