Deskriptif jaudah tahfidz al-Qur’an santri hafidz di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyah Bringin Ngaliyan Semarang tahun 2008/2009

Bahrudin, Bahrudin (2009) Deskriptif jaudah tahfidz al-Qur’an santri hafidz di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyah Bringin Ngaliyan Semarang tahun 2008/2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3104164 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3104164 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 3104164 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3104164 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 3104164 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3104164 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 3104164 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3104164 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 3104164 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3104164 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 3104164 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3104164 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 3104164 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3104164 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyah Bringin Ngaliyan Semarang, (2) bagaimana upaya meningkatkan jaudah tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyah Bringin Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan tahfidzu al-Qur’an di PPMQA tahun 2008/2009 sudah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai oleh pihak pengasuh, yaitu membentuk seorang hafidz yang berkualitas, mulai dari kegiatan menghafal al-Qur’an, mekanisme menghafal al-Qur’an, cara menghafal, metode menghafal al-Qur’an, sampai evaluasi dalam menghafal al-Qur’an. Waktu kegiatan menghafal al-Qur’an di PPMQA : selesai shalat ashar untuk mengulang hafalan (muraja’ah), selesai shalat maghrib untuk mudarrasah sendiri, setelah shalat shubuh untuk menambah hafalan (setoran). Ada beberapa cara menghafal al-Qur’an di PPMQA, antara lain : penggunaan al-Qur’an pojok, upaya membuat target hafalan setiap hari, memperdengarkan hafalannya, berusaha membenarkan ucapan dan bacaan. Metode yang digunakan : metode musyafahah (face to face), metode resitasi, metode takrir, metode mudarrosah, dan metode tes. Semua metode tersebut memberi kesempatan pada santri untuk mengulang hafalan yang telah diperoleh. Pelaksanaan evalusai di PPMQA menggunakan dua macam tes, yaitu tes formatif dan tes sumatif, selain itu tekhnik non tes juga dilakukan, yaitu wawancara dan pengamatan. Peningkatan mutu hafalan di PPMQA dilakukan oleh pengasuh/ustadz dan oleh santri itu sendiri. Pertama, oleh pengasuh/ustadz antara lain : tes tajwid dan makharijul hurufnya, mewajibkan memakai Qur’an pojok, mengadakan muroja’ah, mengadakan tes / sima’an mingguan, mengadakan sima’an 30 juz setiap bulan, pada waktu setoran, bacaan wajib tartil / pelan dalam membaca, mewajibkan mudarrosah pada jadwal yang ditentukan, memperbolehkan mengikuti lomba hafalan al-Qur’an, mengajak sima’an al-Qur’an pada acara di luar pondok, mewajibkan sekolah diniyah kecuali para ustadz, mengadakan do’a bersama. Kedua oleh santri, antara lain : sikap semangat dan niat yang ikhlas, kontinyu dalam bertakrir, sima’an atau takrir dengan teman pondok, takrir di dalam shalat, tanya jawab atau tebak-tebakan ayat, berusaha mudarrosah dengan tartil / pelan, berusaha mudarrosah dengan suara yang keras, istirahat yang teratur, dan berdo’a.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Alis Asikin, MA.; Ridwan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hafalan al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:25
Last Modified: 06 Apr 2015 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics