Efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII semester 1 Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ma’arif Juwana Pati tahun pelajaran 2009-2010

Dholam, Muhammad Nurudh (2009) Efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII semester 1 Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ma’arif Juwana Pati tahun pelajaran 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105261 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105261 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 3105261 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105261 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 3105261 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105261 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 3105261 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105261 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 3105261 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105261 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 3105261 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105261 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 3105261 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105261 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ma’arif Juwana Pati Tahun Pelajaran 2009-2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ma’arif Juwana Pati, dengan indikator efektivitas hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa dilihat ranah psikomotorik.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experiment design yaitu eksperimen yang berbentuk pretest-posttest control design. Pada bentuk ini terdapat dua kelompok. Pertama, kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Kedua, kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung = 2,81. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel di mana derajat kebebasan (α) adalah 5% dengan dk = n1+n2-2 (34 + 34 – 2) diperoleh t(0,95)(66) = 2.00 karena thitung > (1 – α)(n1+n2–2), berarti Ha diterima, atau signifikan. Maka, hipotesis menyatakan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik efektif digunakan yaitu ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa materi tolong menolong dan mencintai anak yatim pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan analisis keefektifan pembelajaran Think Pair Share didapatkan bahwa persentase rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif dan ranah psikomotorik kelas eksperimen adalah 75,30%. Perolehan tersebut mempunyai kriteria efektif. Kemudian, dalam kelas kontrol yaitu kelas yang tidak memakai pembelajaran Think Pair Share didapatkan 64,66% yang mempunyai kriteria cukup.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nur Asiyah, M. SI.; Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Al-qur’an hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 00:43
Last Modified: 11 Jun 2015 00:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics